HEADLINE NEWS

Kerugian Materil Dampak Banjir Ranah Batahan Capai Rp 3 Miliar

IKLAN

 


 Dampak Bencana banjir di Ranah Batahan Pasbar 


Pasaman Barat, prodeteksi.com --- Kerugian materil dampak bencana Banjir yang terjadi di Jorong Air Napal, Taming dan Kampung Baru Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) diperkirakan mencapai Rp. 3 miliar. 


Kerugian ini meliputi kerusakan fasilitas umum. Seperti jalan dan jembatan yang berlobang dan terputus. Juga termasuk kerugian kerusakan dan hanyutnya 8 unit rumah warga yang terbuat dari kayu. 


Camat Ranah Batahan, Syahwirman, SH, MM yang dihubungi Senin sore (20/12/2021) mengatakan, akibat bencana banjir yang terjadi di Air Napal dan sekitarnya telah menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum dan rumah -rumah warga. Termasuk 8 unit rumah yang hanyut. 


 Dampak Bencana banjir di Ranah Batahan Pasbar 



"Kerugian materil terutama yang termasuk fasilitas umum, seperti kerusakan jalan dan jembatan ditanbah 8 rumah kayu yang hanyut diperkirakan mencapai Rp. 8 miliar,"ungkapnya.


Lanjutnya, " warga yang rumahnya hanyut memang sangat membutuhkan bantuan pembuatan rumah layak huni. Mereka menang warga kurang mampu yang saat ini masih menumpang di rumah famili mereka, " jelas camat. 


Selain itu mereka juga butuh bantuan logistik seperti sandang dan pangan.


 Dampak Bencana banjir di Ranah Batahan Pasbar 



"Alhamdulillah bantuan tetap mengalir dan dapat di disalurkan melalui posko yang ada disana. Semoga banyak lagi pihak yang peduli dan memberi perhatian, " ucapnya.


Sementara, kondisi rumah warga yang sempat terendam sebelumnya, pada Senin sore sudah mulai reda dan pemilik rumah sudah mulai menempati  kembali rumah mereka. 


Akan tetapi lanjut Camat Syahwirman, kewaspadaan masih tetap tinggi dan pihaknya selalu menghimbau untuk tetap berhati- hati dan waspada. 


" Kita selalu pantau kondisi Batang Batahan. Apalagi jika kondisi hujan. Dan kita telah jalin komunikasi dengan pengelola wisata Peridon yang berada agak di hulu dan Dejan dengan aliran sungai untuk selalu memberi informasi jika ada tanda -tanda Aur sungai naik, " terangnya.  


 Dampak Bencana banjir di Ranah Batahan Pasbar 


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dampak banjir Kecamatan Ranah Batahan, sebanyak 255 rumah warga di tiga kejorongan terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batang Batahan dan Batang Taming. Dua sungai tersebut meluap disebabkan karena curah hujan yang tinggi sejak Jumat, (17/12) pagi hingga Sabtu (18/12) dini hari.


Berdasarkan data dari pihak wali nagari persiapan setempat, 255 rumah warga tersebut berada di tiga Kejorongan di Kecamatan itu, yakni Jorong Taming Batahan, Jorong Air Napal dan Jorong Kampung Baru. Selain merendam rumah warga, air juga merendam sekitar 55 hektare lahan pertanian warga.


Untuk di Jorong Air Napal, sebanyak 8 unit rumah rusak parah (hancur) akibat diterjang banjir, 93 rumah terendam, 1 buah polongan runtuh dan 30 hektare lahan pertanian warga terendam banjir.


Selanjutnya, di Jorong Taming Batahan sebanyak 150 rumah terendam air dan 25 hektare lahan sawah juga ikut terendam. Kemudian, di Jorong Kampung Baru banjir juga membuat 2 rumah warga  rusak ringan dan 12 unit rumah terendam banjir.




Selain itu, pekarangan rumah warga juga mengalami kerusakan akibat tanah longsor yang diakibatkan oleh banjir dari meluapnya Sungai Batang Batahan di Jorong Air Napal tersebut.****d/irz

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *