HEADLINE NEWS

Sejak Senin, Jalan Kp. Pinang - Paraman Sawah Terputus, Akses ke Sabajulu Terganggu

IKLAN


 Jl. Sawah Mudik -Kampung Pinang - Paraman Sawah


Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Berbagai tantangan dihadapi masyarakat adat Sabajulu Jorong Sawah Mudik  Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dalam membela dan mengamankan tanah ulayatnya dari seluruh aktivitas yang berbau dugaan  illegal loging dan illegal mining yang merusak lingkungan. 




Informasi yang diperoleh, tantangan yang dihadapi warga tidak saja pengorbanan waktu dan meteril, tapi juga adanya indikasi intimidasi,  dan pengancaman dari pihak yang tak bertanggung jawab terhadap petugas Pos Siskaling. Padahal  Pos Siskaling diaktifkan untuk memastikan keluarnya alat berat, memantau tidak masuk alat berat lainnya dan untuk mengantisipasi pasokan minyak alat berat dalam jumlah besar.


Tantangan lainnya yang dihadapi warga, jalan penghubung antara Kampung Pinang- Paraman Sawah terputus sejak beberapa hari yang lalu.  Akibatnya, warga Sawah Mudik maupun Sigantang terkendala karena jalan itu tidak bisa dilalui kenderaan dengan baik. 



jejak alat berat


Sementara, dari jalan alternatif melalui Lubuk Manggis Aek Nabirong dikabarkan pernah terjadi pencegatan terhadap warga Sawah Mudik yang lewat. Namun Kepala Jorong Aek Nabirong, Haolongan yang dikonfirmasi mengatakan tidak mengetahui hal ini. Dan akan mengecek dan menelusuri info lebih lanjut.


Jalan Kampung Pinang Paraman Sawah yang terputus itu, bukan karena longsor atau banjir. Tapi diduga kuat karena dilalui alat berat yang keluar dari atas ulayat Sabajulu dalam rangka pengamanan ulayat dari dugaan illegal mining dan illegal loging. 




Dari investigasi dan informasi yang diperoleh menyebutkan, peristiwa putusnya jalan eks proyek TMMD tahun 2020 senilai Rp. 1 milyar ini, terjadi dini hari pada  Senin (07/3/2022) dan baru diketahui masyarakat senin pagi oleh warga yang melintas. Posisi rusaknya jalan tidak jauh dari Kampung Pinang, tepatnya sebuah polongan atau gorong gorong ambruk dan kandas.


Kejadian ini hanya berselang sehari pasca adanya insiden pihak tertentu yang datang dari luar kampung dan ribut di Pos Siskamling jorong Sawah Mudik. 


Dari foto yang ada, di sekitar jalan yang terputus itu terlihat adanya jejak alat berat yang lewat.

 

Hingga Jum'at ( 11/ 3/2022), sudah empat hari, belum terlihat tanda tanda perbaikan dari pihak terkait. Dan belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab. 


Bahkan pihak pemerintah mulai dari nagari, kecamatan dan kabupaten tidak tampak ada yang turun ke lokasi, apalagi emperbaiki jalan, Begitupun pihak  PT ABSM yang juga menggunakan jalan ini. Untuk sementara, masyarakat membentangkan kayu agar dapat dilintasi kenderaan roda dua.


Mengingat pentingnya jalan ini, karena merupakan penghubung antar 7 jorong yang tergabung dalam Nagari Persiapan Batahan Utara, maka Masyarakat Sawah Mudik berencana akan melakukan gotong royong agar dapat dilalui kenderaan dengan lebih lancar.


" Benar, masyarakat akan gotong royong sesuai hasil rapat di sana. Mudah-mudahan jalan ini akan lebih baik lagi ke depan. Namun diharapkan adanya pengaspalan jalan ini segera oleh pemerintah daerah, " kata M. Riad Zamin, salah seorang ahli waris dan tokoh masyarakat putra ninik mamak Sabajulu.


Sementara itu Kepala Dinas PUPR Pasaan Barat, Jon Edwar yang dihubungi, Jum'at (11/3/2022) mengatakan, pihaknya belum mengetahui adanya jalan terputus di Jalan Kampung Pinang-Paraman Sawah tersebut.


"Saya baru tahu sekarang, insya Allah dalam waktu dekat kita akan perbaiki, tapi kalau ada inisiatif masyarakat untuk gotong royong itu sangat baik agar dapat dilalui walau sifatnya sementara, " kata Jon Edwar.


Ia membenarkan bahwa Jalan Paraman Sawah -Kampung Pinang merupakan jalan kabupaten. Dan direncanakan tahun ini akan ada peningkatan jalan berupa pengasapalan. ****001/i

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *