HEADLINE NEWS

Jalan Sikabau Masih Terputus, Warga Terpaksa Tempuh Jalan Alternatif yang Buruk dan Jauh

IKLAN

 


Jalan SIkabau yang terputus


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Jalan yang terputus menuju Jorong Sikabau Nagari Parit Kecaman Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sejak Jum’at sore (2/9/2022) hingga Minggu malam (4/9/2022), belum dapat dilewati.


Walau sudah 2x 24 jam pasca runtuhnya badan jalan, ternyata belum direhap oleh pemda setempat ataupun dinas terkait. Akibatnya, warga terpaksa  masih melalui jalan alternatif lewat blok-blok perkebunan PT, BPP. 


Walau sebenarnya menurut keterangan warga, kondisi jalan alternatif itu sangat buruk, berlumpur dan berlobang. Namun, terpaksa ditempuh.

 

Seorang warga di sana mempertanyakan mengapa perbaikan terkesan agak lamban. Kenapa tidak didatangkan saja alat berat lalu ditimbun untuk sementara sebelum dibuatkan konstruksi yang lebih pas.

 

"Saya kira ada cara cepat untuk mengatasinya, tak mungkin pihak pemerintah tidak tahu.  Jadi ada solusi yang cepat agar perhubungan tetap lancar. Kalu ini berlarut tentu petani bisa dirugikan dan pedagang  pun akan terganggu ekonominya, "ujar warga yang enggan ditulis namanya.

 

Pj Wali Nagari Pemekaran Ranah Koto Tinggi, Marwin yang membawahi kawasan Sikabau membenarkan masih terputusnya jalan ke daerah Sikabau yang merupakan kawasan wisata yang biasanya ramai dikunjungi warga itu.

 

"Maaf pak ini baru terbalas pesan bapak. Sampai saat ini belum ada perbaikan, tapi masih putus. Sampe kinin olun lai le pak, masih putuih, " katanya dalam dialek bahasa khas daerah setempat, seperti ditulisnya lewat pesat whatsapp, Minggu malam (4/9/2022) ketika dikonfirmasi prodeteksi.com.

 

Menurutnya, untuk sementara masyarakat melewati jalan pintas. Setidaknya sambil  menunggu adanya perbaikan jalan.

 

Camat Koto Balingka, Bahrul Ilmu yang sebelumnya telah meninjau lokasi bersama pihak BPBD dan Dinas PUPR Pasbar juga menyampaikan bahwa warga masih memanfaatkan jalan alternbatif walau kondisinya buruk agak jauh. 

 

"Sementara warga masih mencari jalan alternatif. Namun jalan itu akan direhap dan diperbaiki pihak PU melalui kontraktor yang dapat proyek jalan di sana, "sebutnya.

 

Menurut camat tahun ini Kecamatakan Koto Balingka dapat dua titik proyek DAK berupa pengaspalan dengan nilai miliaran rupiah. Satu Jalan Sikabau sepanjang lebih kurang 6 KM dan satu lagi Jalan Simanggir. 

 

"Kalau saya nggak salah pihak PUPR akan perbaiki jalan itu dengan membuat sejenis polongan, gorong-gorong atau Box Culvert", ungkapnya.

 

Sebagai mana diberitakan sebelumnya dengan judul " Akses Jalan Menuju Sikabau Terputus, Ka BPBD; "Perbaikan Dilimpahkan ke PUPR". Penyebab putusnya jalan diduga akibat curah hujan tinggi sehingga mengakibatkan badan jalan yang kemungkinan dasarnya rapuh jadi jebol dan runtuh.

 

Akibatnya, transportasi jadi lumpuh . Masyarakat pemakai jalan untuk berbagai kepentingan baik dari Parit - Ujung Gading menuju Sikabau maupun sebaliknya terpaksa putar balik. Namun sebagian ada yang mencari jalan alternatif walupun jarak tempuh lebih jauh dengan kondisi jalan yang buruk.

 

Peristiwa bencana alam itu terjadi sekitar pukul 05. 00 WIB Jumat sore kemaren. Diduga penyebabnya kiriman air hujan yang cukup deras dari arah Ujung Gading dan air sungan yang meluap “kata Kepala Jorong Sikabau, Pendrison, Sabtu.

    

Badan jalan yang runtuh tak jauh dari jembatan besi. Diperkirakan panjang jalan yang jebol itu sekitar  7 Meter, lebar 6 Meter dan kedalaman 2,5 meter. ****irti z

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *