HEADLINE NEWS

Akses Jalan Menuju Sikabau Terputus, Ka BPBD; "Perbaikan Dilimpahkan ke PUPR"

IKLAN

 

 Akses Jalan Menuju Sikabau Terputus (foto : Pendrison)


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Akses Jalan menuju Jorong Sikabau Nagari Parit Kecaman Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terputus sejak Jum’at sore (2/9/2022). Diduga akibat curah hujan tinggi sehingga mengakibatkan badan jalan yang kemungkinan dasarnya rapuh jadi jebol dan runtuh.

 

Akibatnya, transportasi jadi lumpuh . Masyarakat pemakai jalan untuk berbagai kepentingan baik dari Parit - Ujung Gading menuju Sikabau maupun sebaliknya terpaksa putar balik. Namun sebagian ada yang mencari jalan alternatif walupun jarak tempuh lebih jauh dengan kondisi jalan yang buruk dan terjal.

 

Kepala Jorong Sikabau, Pendrison yang dikonfirmasi Sabtu (3/9/2022) membenarkan putusnya jalan utama menuju Sikabau, kampung halamannya tersebut.

 

“Kondisi Jalan ke Sikabau memang terputus. Ini terjadi sekitar pukul 05. 00 WIB sore kemaren. Diduga penyebabnya kiriman air hujan yang cukup deras dari arah Ujung Gading dan air sungan yang meluap “katanya Sabtu.

  

Hingga Sabtu sore belum ada perbaikan jalan. Masyarakat berharap segera diatasi agar akses kembali normal. Sehingga tidak terganggu aktivias baik petani, pedagang, para pelajar dan guru serta pengunjung wisata ke kawasan Pantai Sikabau itu.


Sebelumnya, dalam akun facebook nya, Pendrison juga telah menyampaikan info putusnya jalan. “  Kabar duka lagi bagi masyarakat Sikabau....jalan lintas yang mau dibangun holmix  putus lagi, “ tulisnya,  Jumat 2 September 2022 pukul 20.12 WIB

 

 

 Pendrison ketika meninjau lokasi

Pihak pemerintah daerah dan instasi terkait  mulai dari tingkat nagari hingga kabupaten , setelah mendapat inforamsi dikabarkan telah meninjau lokasi putusnya jalan.

 

“Tadi kami telah meninjaun lokasi, bersama pak camat, sekna dan Babin Kamtibmas. Memang amblasnya cukup dalam dan lebar. Tidak kurang dari 4 meter. Mungkin di bawah tanah yang amblas ada celah air mengalir jika hujan sehingga kondisi tanah rapuh dan ambruk, “ sebut PJ Wali Nagari Parit, Hendri Mulyadi, Sabtu Sore.

 

Menurut Hendra Mulyadi, titik kerusakan jalan diperkirakan sekitar 1 KM dari ujung aspal dan sekitar 3 KM lagi menuju Sikabau.

 

Sementara itu, Kepala BPBD Pasbar, Azhar, S.Pd menyebut telah mengirim timnya ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

 

“ Kemarin tim kita telah meninjau ke sana. Badan jalan memang runtuh tak jauh dari jembatan besi. Diperkirakan panjang jalan yang je bol itu sekitar  7 Meter, lebar 6 Meter dan kedalaman 2,5 meter, “jelasnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, pihak BPBD Pasbar telah melakukan proses tanggap. Sedangkan untuk perbaikan sudah dilimpahkan dan merupakan tanggung jawab Dinas PUPR Pasbar.

 

 

“ Kita hanya proses tanggap , karena di lokasi ada proyek pengaspalan jalan sekitar 5 KM, maka pihak kontraktor bersama PU sudah komitmen untuk memperbaiki jalan itu. Tapi apakah sudah dikerjakan saya belum tahu pasti. Silakan hubungi pihak PU, “saran Azhar, ketika dihubungi via phonsel, Minggu paggi (4/9/2022).

 

Pihak PUPR Pasbar  belum ada yang bisa dikonfirmasi terkait proses perbaikan jalan yang terputus itu.  Masyarakat berharap  akses jalan segera terbuka kembali seperti biasa. *** irti z

 


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *