HEADLINE NEWS

Pramuka ZAMIGA Parit Gelar Perkemahan Pelantikan Kenaikan Tingkat

IKLAN

 

 

 Perkemahan Pelantikan Kenaikan Tingkat Penegak dan Penggalang pada SMK-MTs ZAMIGA Parit Koto Balingka Pasaman Barat (17 -19 Februari 2023)

Pasaman Barat, prodeteksi.com ---- Gugus Depan Pramuka SMK TI Zamiga – MTs PP Zamiga Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) gelar perkemahan pelantikan kenaikan tingkat bagi pramuka penegak dan pengalang di sekolah dan madrasah berbasis pesantren tersebut.

 


Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dari Jum’at 17 Februari 2023 hingga Minggu 19 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Komplek Pondok Pesantren Zamiga Parit. Diikuti 40 peserta penegak dan penggalang.

 

Gudep yang dikenal aktif kegiatan prmuka di Koto Balingka itu melaksanakan kegiatan rutin perkemahan pelantikan yang diprogramkan minimal sekali dalam dua tahun. Sebelumya pada tahun 2021 yang lalu diadakan kegiatan serupa di Bumi Perkemahan Batang Lapu.

 

Dalam perkemahan kali ini, para peserta mulai mendirikan tenda sejak Kamis 16 Februari 2023. Dan dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan, Jum’at sore (17/02/ 2023). Dihadiri Wali Nagri Parit yang diwakili oleh Hendra Mulyanto, S.Pd, Kamabigus, Irti Zamin, SS, pengurus yayasan, para majelis guru dan undangan lainnya.




Kegiatan upacara dibimbing langsung oleh Pembina senior yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan Kursus Mahir Tingkat Lanjut (KML), Rangga Sastra dan dibantu oleh pembina putri, Tria Fitri Utami.

 

Peserta perkemahan ada beberapa tingkatan dalam Pramuka Penggalang, yaitu Penggalang Ramu, yang naik tingkat jadi Penggalang Rakit, dan Penggalang Terap. Adapun Pramuka Penegak adalah andika Pramuka yang sudah menginjak umur 16-20 tahun. Dalam Pramuka Penegak hanya ada dua tingkatan, yaitu Penegak Bantara dan yang akan naik tingkat menjadi Penegak Laksana.

 

 


Adapun upacara pelantikan akan dilaksanakan pada hari ketiga Minggu 919/02/2023). Peserta juga diwajibkan untuk mengisi syarat-syarat yang ada di buku SKU dan SKK.

 

Kamabigus, Irti Zamin, SS mengatakan, dalam kegiatan pesantren ZAMIGA, pramuka menjadi salah satu hal penting dalam membentuk karakter santri. Sebab, didalamnya banyak sekali kegiatan yang membantu santri dalam melatih kreatifitas serta mental.




Kenaikan tingkat yang bertujuan untuk memberikan semangat baru pada andika Pramuka dalam sebuah golongan dan tingkatan baru di pramuka. Suasana baru akan menimbulkan semangat baru yang akan terus tumbuh dengan diiringi berbagai macam kegiatan sesuai yang diprogramkan.

 

Menurutnya, dengan peserta pramuka mendapatkan  manfaat dari kegiatan yang telah dilaluinya, guna membentuk pribadi yang berbudi luhur, berbakti dan mengabdi kepada agama dan negara serta bertakwa kepada Allah SWT, sebagai sang pencipta.

 


Dikatakan bahwa di Pesantren ZAMIGA atau Gudep SMK dan MTS ZAMIGA sejak tiga tahun terakhr telah menerapkan pramuka ini  sebagai kegiatan wajib ekstrakulikuler yang diadakan satu kali dalam seminggu yakni setiap sabtu pagi.

Sementara itu, dalam upacara pembukaan, pembina upacara, Rangga Sastra bersama Kamabigus membuka secara langsung kegiatan perkemahan pelantikan kenaikan tingkat yang disambut tepuk tangan semanagat dari seluruh peserta. Rangga juga menekankan bahwa tujuan utama kepramukaan ini tak lain untuk membentuk karakter para peserta.

 


Wali Nagari Parit yang diwakili Hendra Mulyanto mengucapkan apresiasi positif atas keaktifan gerakan pramuka di ZAMIGA Parit tersebut. Dia sendiri mengaku sudah dua kali menghadiri kegiatan serupa yang dilaksanakan pramuka ZAMIGA.

 

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan apreasiasi yang tinggi pada pramuka ZAMIGA yang aktif dalam kegiatan pramuka ini. Semoga akan meningkatkan karakter dan moral yang lebih baik bagi para peserta, “ harapnya.

 



Menurut Hendra, usai kegiatan diharapkan akan tercapai peningkatan karakter. Maka akan ada perobahan sikap atau tingkah laku jadi lebih baik dari sebelumnya. Maka dia memberi semangat oara peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik.

 

Dia juga berpesan pada para peserta untuk senantiasa menjaga kesehatan dan fisik untuk tetap semangat dan sehat mengikuti kegiatan hingga selesai. 




Sementara itu Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Koto Balingka,  Zahrul Rozi memberikan arahan dan binaan kepada para peserta perkemahan yang datang malam itu, usai upacara pembukaan pada sore harinya. Dalam kesempatan itu Rozi menerangkan berbagai hal terkait kepramukaan.


Dia mengucapkan permohonan maaf karena tidak bisa hadir acara pembukaan. Hal ini dikarenakan padatnya kegiatan di sekolah yang dipimpinnya, salah satunya persiapan kegiatan peringatan Isra' mikraj. 


"Insya Allah saya akan hadir juga nantinya dalam acara pelantikan. Insya Allah kita nanti bersama sama. Pelantikan ini merupakan suatu ajang kenaikan tingkat yang harus adek adek lalui. Dan kalian akan dapat ilmu dan  pengalaman yang sangat berarti.


Ka Kwaran Koto Balingka, Zahrul Rozi ketika meninjau perkemahan pramuka ZAMIGA


Dia berharap agar para peserta ikuti aaturan dan masing masing menunagkan dalam buku saku apa model -model yang akan diuji nantinya. Sebab naik tingkat tentu harus melalui ujian. 


"Mudah-mudahan nanti adek-adek semua dapat sukses mengikuti kegitaan dan berhasil dilantik untuk naik tingkat. Salam pramuka.... dan sukses selalu, " kata Rozi. 



 Senam Sabtu pagi


Dalam penilaian nantinya tidak hanya dari buku saku tai juga sikap dan tingkah laku. Sebab bagaimana merobah tingkah laku dan pribadi terutama bidang keagamaan adalah sholat lima waktu, itu merupakan tolak ukur pertama.


Selain itu adalah berakhlak yang baik dan sopan santun serta beretika yang baik. Baik terhadap diri sendiri keluarga maupun masyarakat. Juga kebersamaan dalam suatu kegiatan serta uji mental dan kejujuran dan lain sebagainya. Intiya jelas Rozi melalui suatu ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum) ****irtz

 

























Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *