HEADLINE NEWS

Bupati Hamsuardi Bukber di Koba, Berlanjut Safari Ramadhan ke Masjid Al-Jihad Simpang

IKLAN

 

 Tim Ramadhan Pasbar yang dipimpin Bupati Hamsuardi Safari Ramadhan ke Masjid Al-Jihad Simpang Nagari Koto nanduo Kec. Koto Balingka


Pasaman Barat, prodeteksi.com----Bupati Pasaman Barat ( Pasbar), H. Hamsuardi bersama rombongan dalam Tim Ramadhan Kabupaten, Buka Bersama (Bukber) Puasa Ramadhan dengan masyarakat di Kantor Camat Koto Balingka (Koba), Kamis (30/03/2023).


Bupati Hamsuardi tiba di Kantor Camat Koto Balingka sebagai ketua Tim Ramadan I, didampingi sejumlah  pejabat kabupaten. Seperti Sekdakab Pasbar, Hendra Putra, Ketua TP. PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi, Asisten 1, Setia Bakti, Asisten III, Raf'an, Kadispora, Media Fitra, Kepala Dinas Perikanan, Zulfi, Kepala BKPSDM, Emnita, Kadis Duk Capil, Yulisna, Sekretaris Bappeda, Ihwandri, Kasat Pol PP, Handoko,  Kabag Keuangan, Faisal, Kabag Kesra, Hartasani,  dan rombongan lainnya 


Kedatangan Tim Ramadhan Kabupaten tersebut disambut Camat Koto Balingka, Bahrul Ilmi bersama staf serta jajaran penjabat walinagari beserta para kepala jorong. Dan diramaikan dengan kehadiran  para pihak Forkopinca lainnya yang ada di  Kecamatan Koto Balingka, beserta ninik mamak, alim ulama cerdik pandai dan tokoh tokoh masyarakat. 


Jelang buka puasa bersama diawali dengan tausiyah singkat yang disampaikan oleh Ustadz Hasbi. Seterusnya usai buka puasa perjalanan dilanjutkan menuju Jorong Simpang yang berjarak sekitar 7 KM untuk kunjungan Tim Safari Ramadan ke Masjid Al Jihad Jorong Simpang Nagari Koto Nanduo, yang saat ini dipimpin Pj. Wali Nagari, Lisa April Yeni (Ica). 


Usai sholat Tarwih, dalam kesempatan jumpa silaturrahmi bersama Tim Ramadhan, di awal acara,  pengurus Masjid, Mursal St. Majolelo mengucapkan terima kasih atas kehadiran bupati beserta rombongan. Dan sekaligus ia juga menyampaikan tentang keberadaan masjid yang perlu diperbesar dan telah dimulai tahapan pembangunannya dengan membutuhkan biaya yang sangat besar.


"Kami sangat berterima kasih kepada bapak bupati yang datang langsung tanpa mewakilan walaupun dalam situasi hujan dan lainnya, namun dapat hadir di tengah tengah kita, Mudah-mudahan pertemuan kita ini akan membawa berkah " kata Mursal.


Bupati Hamsuardi, di awal sambutannya memperkenalkan anggota tim Ramdhan yang hadir yang malam itu dijadwalkan ke Jorong Simpang. Selanjutnya ia  juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus masjid dan para jemaah yang ramai dan terjalin hubungan silaturrahmi yang baik dengan pemerintah daerah. Tak lupa juga bupati megucapkan terima kasih kepada Camat Koba, Bahrul Ilmi, atas kegiatan buka bersama dengan beragam hidangan yang disediakan. 


 Penyerahan bantuan Rp, 15 juta untuk Masjid AL Jihad Simpang


Selanjutnya, bupati menyampaikan bahwa kegiatan keagamaan dan pembangunan masjid menjadi perhatian pemerintah daerah. Sehingga ke depan akan ditingkatkan alokasi bantuan masjid terutama yang masih terbengkalai.


"Pada kesempatan ini kami membawa bantuan untuk masjid ini sebesdar Rp. 15 juta. Mudah-mudahan tahun depan akan kita tingkatkan lagi, " kata Hamsuardi yang disambut tepuk tangan para jemaah.


Bupati juga  menyampaikan tentang program utama bupati. Seperti Magrib  mengaji, Tahfis Qur'an bagi siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah. Dengan target beberapa tahun ke depan sudah banyak yang hafal Alquran. Bahkan di setiap rumah sudah ada penghafal Alquran. Mudah-mudahan tindak kejahatan akan berkurang dan Pasaman Barat kian damai ke depan, harapnya.


Selain  Magrib mengaji dan Tahfis Quran,  program unggulan lainnya, yang telah dicanangkan mulai Januari 2023, adalah program berobat gratis, Hanya membawa KK dan KTP sudah dapat memperoleh layanan berobat gratis mulai dari puskesmas hingga rumah sakit, termasuk ibu-ibu melahirkan.


"Program ini merupakan program yang sangat jitu. Insya Allah hari ini sudah berjalan dengan baik, kalau ada masalah agar dilaporkan kepada kami . Karena hampir 70 miliar telah dianggarkan dalam satu tahun ini, maka mari kita manfaatkan berobat gratis ini untuk seluruh masyarakat, " terang Hamsuardi. 


Seterusnya masih terkait pendidikan, adalah reward studi banding atau jalan jalan ke luar negeri bagi siswa yang berprestasi juara umum.  Tahun lalu jelas bupati telah diberangkatkan 62 orang ke Malaysia. Dan tahun ini direncnakan akan dibawa ke Australia.  

Jemaah Masjid


Program lainnya jelas  Hamsuardi, direncanakan  untuk tahun depan adanya bantuan pernikahan atau menikah gratis. Hal ini terutama kepada yang tidak mampu sehingga tidak terhalang pernikahan karena tidak ada biaya.


Di akhir pembicaraannya, Hamsuardi memberi hadiah uang tunai kepada beberapa orang anak SD yang hadir di Masjid yang dapat menyebutkan 3 program utama Bupati Pasaman Barat. Tampil 3 orang anak SD yang dengan berani dan percaya diri menyampaikan ketiga program bupati dan mereka pun merasa senang dan gembira dapat hadiah.


Seterusnya, di akhir acara diisi dengan tausiyah singkat Ramadhan oleh  Penceramah, Buya Darmansyah, LC MA. Dia menerangkan tentang berbagi penjelasan terkait ibadah puasa ramdhan dan rutinitas ibadah yang perlu dipertahankan dan dilanjutkan, tidak saja di bulan Ramadhan tapi ada rutinitas berkelanjutan sehingga menggapai drajad taqwa. ***irti zamin


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *