HEADLINE NEWS

Pesantren Ramadhan SD dan SLTP di Pasbar Dilaksanakan di Masjid Terdekat Mulai 25 Maret 2023

IKLAN

 

 Agusli, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Pasbar

Pasbar, prodeteksi.com ---- Pembelajaran pada bulan Ramdhan tingkat SD dan SLTP di lingkungan Dinas Pendidikan Pasaman Barat (Pasbar) dilaksanakan dalam bentuk Pesantren Ramdhan. Dan kegiatannya dipusatkan di masjid-masjid terdekat.


Kepala Dinas Pendidikan Pasbar, Agusli, S.Pd membenarkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar diarahkan untuk kegiatan Pesantren Ramadhan. Baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama. Pelaksanaannya akan mulai tanggal 25 Maret sampai 17 April 2023.

Materi atau kurikulum pesantren ramadhan akan disajikan berupa pematangan praktek-praktek ibadah. Seperti pelaksanaan sholat dhuha, sholat zuhur berjamaah untuk siswa. Membaca Al-Qur'an/ Tahfizh Al-Qur'an dan lomba lomba atau cerdas cermat materi keagamaan.

"Sengaja kita arahkan materi pesantren ramadhan pada pematangan praktek ibadah. Sebab, kita lihat masih banyaknya siswa SD dan SMP yang kurang sempurna dalam melaksanakan praktek ibadah. Hal dimaksud seperti bagaimana berwudhu, melaksanakan sholat fardhu, sholat dhuha, sholat jama', sholat qashar, sholat jenazah dan berdoa setelah sholat," jelas Agusli.

Ia juga menyampaikan bahwa ini merupakan inovasi awal tentang Pesantren Ramadhan. Untuk itu diharapakan dukungan dari semua pihak agar berjalan sukses dan bermanfaat bagi siswa.

"Tentunya agar sukses kegiatan ini dan bermanfaat banyak bagi siswa, perlu kerja sama yang baik. Dan diharapkan dukungan dari orang tua siswa, pengurus masjid, da'i nagari, niniak mamak, tokoh masyarakat, unsur kejorongan, Wali Nagari dan camat," katanya

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan Pesantren Ramdhan juga sesuai Instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor 451/ 309/ KP15-2023 tanggal 20 Februari 2023. Pesantren Ramadhan dilaksanakan di masjid terdekat, bertujuan untuk lebih mendekatkan siswa dengan masjid dan diharapkan siswa setelah ramadhan terbiasa ke masjid untuk beribadah dan sholat berjama'ah.

Sebelum pelaksanaan kegiatan pesantren ramadhan dimulai, Dinas Pendidikan Pasaman Barat telah melaksanakan rapat koordinasi dengan korwil kecamatan, pengawas, MKKS SMP Pasaman Barat dan koordinasi dengan Kacabdin pendidikan provinsi wilayah Pasaman dan Pasaman Barat.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyatakan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan di SD dan SMP selaras dengan program unggulan Pemda Pasbar, karena itu ia meminta kepada sekolah dan unsur terkait serta masyarakat agar mendukung suksesnya kegiatan ini. . **** dkf/ irti z

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *