HEADLINE NEWS

Info Terkini, Seluruh Korban Karamnya Kapal Bagan di Perairan Air Bangis Telah Ditemukan

IKLAN

 


 Semua Korban yang sebelumnya dilaporkan hilang telah ditemukan


Pasaman Barat, prodeteksi.com ---- Peristiwa tenggelamnya satu unit Kapal Bagan di Perairan Air Bangis, Jum’at (24/3) sekitar pukul 22.00 WIB, yang menyebabkan 12 orang korban hilang, setelah dilakukan pencarian akhirnya, Sabtu sore (25/3/2023), seluruh korban dikabarkan telah ditemukan.


Informasi yang diperolah, awalnya pada Sabtu hingga siang korban bagan tenggelam yang diduga akibat diterpa badai besar itu, baru ditemukan sebanyak enam orang dan dalam keadaan selamat.


Namun enam korban itu masih mendapat perawatan di Puskesmas Air Bangis. Mereka adalah, Alan (47), Arif (17), Asdar (23), Yarif (24), Andre (17), dan Ibnu (18). 


Sedangkan enam korban lainnya ketika itu masih dalam pencarian tim gabungan dari SAR, Polri, BPBD, TNI dan masyarakat


Kepala BPBD Pasaman Barat, Azhar, yang dikonfimasi Sabtu (25/3/2023) membendarkan bahwa setelah dilakukan  pencarian hingga ke perairan Sikabau dan Maligi, akhirnya ditemukan lagi 4 orang di Bagan dalam kondisi lelah di Laut Maligi. Sedangkan 2 lagi terus dicari.


Kemudian lanjut Azhar, pada Sabtu sore ditemukan pula 2 orang lagi di sekitar Sikabau waktu perjalanan penjemputan 4 orang yang di temukan di Maligi. Kedua orang ini ditemukan oleh kapal pencari dari pelaut warga air bangis.






“Alhamdulillah seluruh korban sudah di temukan. Dan sekarang  sudah tiba di Muaro Air Bangis dan selanjutnya menuju Puskesmas Air bangis. Semua korban yang ditemukan dalam keadaan selamat,   jelas Azhar, yang dihubungi Sabtu sore sekira pukul 16.15 WIB.


Keenam koraban yang ditemukan terakhir adalah Mak Iya (58), Rudi (45), Fildi (17), Akak (36), Aan (22), dan Afif (18).


Sebagaimana diketahui, bahwa satu unit kapal bagan karam itu terjadi sekitar pukul 22.00 Wib, Jumat (24/3) yang tenggelam di perairan (laut) Air Bangis. Kapal tersebut biasa digunakan sebagai sarana penangkap ikan bagi nelayan Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.  


Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Zulkarnain mengatakan kejadian ini terjadi akibat tingginya gelombang laut. Saat itu, kapal nelayan jenis bagan bersama awak bersama pengikutnya berada di tengah lautan.


“Dugaan sementara, saat meraka pergi melaut, dengan tujuan mencari ikan. Sementara cuaca buruk dari hujan juga terus turun. Akibatnya, awak bagan yang membawa 12 orang tersebut tidak kuasa mengendalikannya, dan akhirnya tenggelam", jelasnya, menjawab wartawan di Simpang Empat, Sabtu (25/3).


Kemarin malam (Jumat, 24 Maret 2023), hujan turun dengan intensitas tinggi, sehingga terjadi badai dan menerjang kapal bagan yang mengangkut 12 orang tersebut. Dan di saat itu bagan bersama awak dan pengikutnya masih jauh dari bibir pantai. Namun akhirnya dikabarkan kapal nelayan dengan merek Roses 01 itu terhempas ke laut.****G/ irti z

   


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *