HEADLINE NEWS

Ketua IKPB JAYA, Gontam Yusuf, Putra Asal Rabat, Dinilai Layak Maju Pilkada Pasbar

IKLAN



 Drs. Gontam Yusuf Matondang 


Pasaman Barat, prodeteksi.com -----Tak kalah hangatnya dengan situasi politik jelang pemilihan presiden dan legislatif, aroma Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pun  mulai merebak. 


Tak terkecuali di Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Ini ditandai dengan mulai hangatnya   perbincangan warga terkait figur yang dinilai berpeluang untuk maju dalam Pilkada mendatang di daerah itu.


 Gontam 


Sejumlah nama mulai mengapung yang dianggap potensial untuk maju dalam bursa bakal calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Ini mulai ramai jadi topik pembicaraan  publik, baik di media sosial maupun dalam pemberitaan media massa.


Salah seorang sosok yang mulai diperbincangkan dan dinilai punya potensi untuk maju tersebut, adalah Ketua Umum Ikatan Keluarga Pasaman Barat Jakarta/ Jabotabek (IKPB Jaya), Drs. H. Gontam Yusuf, SE, MM.


Putra asal Sawah Mudik Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan ( Rabat) kelahiran 1 September 1964 ini, belakangan mulai mengemuka sejak berbagai prestasi yang diraihnya dalam pelaksanaan tugas kedinasannya dan juga pengalaman serta kemampuannya dalam memimpin organisasi.


 Gontam dan keluarga 


Para perantau khususnya di Jakarta, mulai menyebut- nyebut bahwa ketokohan Gontam dan pemikirannya dibutuhkan dalam berpartisipasi memajukan daerah Pasaman Barat.


Namanya juga kian santer disebut karena jalinan komunikasinya yang baik dengan berbagai pihak, seperti dengan bupati dan wakil bupati Pasbar, para perantau asal Pasbar di nusantara serta dengan para tokoh dan pejabat di tingkat nasional. Artinya, ia dinilai kompeten untuk menjalin komonikasi dan kerjasama untuk memajukan Pasbar.


 Dalam suatu kesempatan bersilaturrahmi 


Menantu Alm. Drs. Rusdi Lubis ini juga dikenal punya perhatian baik  ke kampung halaman. Hal ini terlihat dari berbagai bantuan yang dia berikan baik secara pribadi maupun organisasi. 


Seperti kegiatan meninjau korban gempa beberapa waktu lalu di Talamau dan upayanya menghimpun dan menyalurkan bantuan dari perantau di Jakarta kepada para korban gempa. Setidaknya, ada dua kali kegiatan penyerahan bantuan dari IKPB Jaya yang langsung di hadiri oleh Ketua KPB Jaya, Gontam di Pasaman Barat.


Dalam melaksanakan tugas sebagai ASN yang memimpin sebuah lembaga perpajakan, ia pun kerap menorehkan prestasi. Mulai ketika bertugas di Padang hingga ke Jakarta. 

 Gontam bersama Bupati Hamsuardi



Terakhir ketika ia menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Setiabudi Satu. Gontam yang alumni UNAND ini meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, sebagai Penyelenggaran pelayanan Publik kategori, "Pelayanan Prima" tahun 2021 yang diserahkan  di Jakarta pada Maret 2022, dengan paigam yang ditada tangani Menteri, Tjahjo Komulo. 


Keberhasilan dan prestasi Gontam juga mendapat acungan jempol dari para perantau di Jakarta. Seperti disampaiakan salah seorang Tokoh Perantau asal Pasbar di Jakarta,  Martondi Lubis, selain ia merasa kagum dan bangga atas prestasi yang diraih Gontam, juga ia menilai, Gontam merupakan sosok yang cerdas.




Bahkan menurutnya, karena Gomtam juga ounya pengalaman dalam dunia birokrasi yang dinilai kompeten dan berhasil memimpin lembaga pemerintahan maupun organisasi, maka dalam pandangannya, Gontam layak ikut berkompetisi sebagai salah seorang kandidat calon kepala atau wakil kepala daerah dalam helat Pilkada Pasaman Barat.


 Martondi Lubis 



"Saya sering bertemu dan berdiskusi dengan beliau. Pak Gontam itu orangnya jujur, cerdas, solutif dan dia berpengalaman dalam dunia birokrasi. jadi, menurut saya beliau sangat layak ikut kontestasi pada Pilkada  Pasbar nanti. Beliau pun saya nilai sangat kompeten, " kata Martondi, perantau di Jakarta beberapa hari lalu lewat sambungan telephon.


Dikatakan bahwa sisi lemahnya tentu pasti ada.Namun jelas Martondi, jika berpasangan dengan tokoh yang kuat dan merakyat serta disertai tim yang solid dan kompeten tentuakan berpeluang untuk sukses.


"Sisi lemahnnya tentu saja ada, mana ada orang yang  bisa melakukan semuanya. Namun tentu jika beliau bersedia untuk maju serta dapat dukungan dari partai dan rakyat, tentu nantinya bisa membangun tim yang kompeten di bidangnya, " sebut Martondi. 


Sementara itu, Gontam Yusuf, belum dapat dihubungi untuk dimintai komentarnya. Namun, sahabat dekat beliau yang enggan ditulis namanya mengatakan bahwa memang nama  Gontam sering disebut sebut para tokoh perantau di Jakarta dalam berbagai pertemuan dan diskusi.

Namun lanjutnya, Gontam  belum menjawab secara pasti apakah ia akan bersedia  maju atau tidak. Karena menurutnya,  Gontam menyebut banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Seperti dukungan partai, dukungan finasisl dan juga perlunya jaringan yang kuat.


"Lihat situasi dna kondisi lah dulu, karena banyak faktor yang jadi pertimbangan. Lagi pula kita lihat dulu situasi sehabis Pileg dan Piltpres nantinya, " katanya menirukan ucapan Gontam yang pernah dilontarkannya. 


Seperti diketahui bahwa  beberaoa tokoh dan temah serta kolega Gontam  banyak mendorong untuk maju Pilkada. Terutama sejak setahun terakhir dari perantau di Jakarta maupun daerah lain di Indonesia. *** Irti z

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *