HEADLINE NEWS

Comments

Dari Pokir Yunisra Syahiran, Gelar Bimtek Pemberdayaan Ekonomi Peremupan di Koto Balingka

IKLAN

 



Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Suatu kegiatan yang sangat positif, dari pokok pokok pikiran (Pokir) Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),  Hj.Yunisra Syahiran S.Pd, digelar di Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Kegiatan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) pemberdayaan ekonomi perempuan bidang pelatihan menjahit praktis, dilaksanakan selama dua hari, dari Jumat 20 Oktober hingga Sabtu 21 Oktober 2023

 Hj. Yunisra Syahiran, S.Pd, Anggota DPRD Sumatera Barat/ Caleg DPRD Sumatera Barat Dapil IV (Pasaman dan Pasaman Barat) Tahun 2024 dari Partai GERINDRA

Bimtek dan pelatihan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat , diikuti puluhan orang peserta perempuan dari berbagai kejorongan di Koto  Balingka dan bahkan ada yang dari luar Koto Balingka. Peserta tampak semangat dan senang ketika diberikan materi pelatihan dan praktek sederhana dalam membuat pola dan menjahit pakaian.



Bahkan kehadiran Yunisra Syahiran yang juga Mantan Ketua TP PKK Pasbar selama dua periode ketika bupati Pasaman Barat dijabat Alm. H. Syahiran ini  disambut rasa senang dan antusias oleh para peserta, Sabtu (21/10/2023).



Sebab, selain telah lama mereka kenal juga sekalian dapat bertemu silaturrahmi. Apalagi dengan adanya perhatian Yunisra Syahiran dengan menggelar kegiatan Bimtek tersebut untuk peningkatan kompetensi perempuan khususnya dalam mensiasati peluang usaha membantu ekonomi keluarga.




Kegiatan yang menghadirkan nara sumber yang kompeten dan berpengalaman ini, dihadri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan. Hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Pasaman Barat dr. Anna Rahmadia. 



Pelatihan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat tersebut terlaksana berkat usulan pokok pokok pikiran (Pokir) Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra, Hj.Yunisra Syahiran. 


Di awal sambutannya, Yunisra menyapa peserta dengan cek kehadiran dari masing masing yang telah didaftarkan oleh orang-orang yang telah ditunjuknya. Para peserta tampak gembira  dan mengaku telah kenal dengan Yunisra Syahiran. Bahkan terlihat adanya keakraban dan rasa semangat dengan untaian kata -kata motivasi yang disampaikan Yunisra. 



Yunisra menyebutkan bahwa dengan adanya kegiatan yang menambah khasanah serta keterampilan peserta ini diharapkan akan menimbulkan manfaat yang baik secara ekonomi keluarga. 


Materi Bimtek dan pelatihan mulai dari pengenal alat jahit, tekhnik pengukuran (Badan), membuat pola, memotong pola ke kain, serta menjahit lagsung dengan secara manual dan boleh juga dengan menggunakan mesin.



 Semarak kegiatan tambah meriah ketika di akhir acara digelar lomba Passion Show antar peserta. Dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba.


Menurut Yunisra dengan Bimtek dan pelatihan diharapkan adanya peluang peningkatan ekonomi perempuan. Hal ini sangat dibutuhkan untuk peningkatan ekonomi keluarga untuk menuju kehidupan yang lebih baik. 


Selain itu lanjutnya, dengan kegiatan itu,  sekaligus menjadi ajang silaturrahmi yang membawa rahmat bagi semua. Baik itu rahmat panjang umur serta rahmad dimudahkan reski oleh Allah SWT.


"Semoga dengan kita bersilaturrami ini, kita telah dapat rahmat untuk saling kenal, saling memperkuat hubungan silaturrahmi, walau beda daerah, beda kecamatan bisa saling kenal dan berjumpa satu sama lain. Semoga silaturrahmi ini berlanjut untuk masa -masa yang akan datang, " harap Yunisra, yang telah banyak menyalurkan Pokir ke Pasaman Barat termasuk di Kecamatan Koto Balingka.



"Alhamdulilah sudah banyak pokir yang telah disalurkan di Pasaman dan Pasaman Barat termasuk ke Kecamatan  Koto Balingka ini. Baik, terkait pertanian seperti bibit, ternak sapi , unggas, penjahit, jalan usaha tani, jalan perkim, majelis taqlim, dunia pendidikan dan lainnya. Ini semua tentunya tak lepas dari perjuangan di DPRD Sumbar sehigga dapat saya rekomendasikan untuk dilaksanakan, " jelasnya  



Dikatakan bahwa sebagai kegiatan atau penyaluran  bantuan  dari upaya yang ia lakukan untuk daerah pemilihan tentunya merupakan hati nurani dan rekomendasi pokirnya. "Insya Allah dengan dukungan rakyat, kalau nanti tetap berlanjut di DPRD Provinsi akan terus berjuang  untuk mencapai keberhasilan dan meraih anggaran untuk mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan dan aspirasi masyarajat untuk kemajuan daerah, ujarnya.


Lanjutnya lagi,  kegiatan Bimtek dan pelatihan seperti yang dilaksanakan di Koto Balingka itu merupakan angkatan ke  14 .  Dari 11 Kecamatan di Pasaman Barat, Koto Balingka digelar dua kali. Demikian juga di Ranah Batahan dan Lembah Melintang.


"Tentunya para peserta Bimtek ini merupakan suatu keberuntungan . Selain dapat keterampilan, ilmu, pengalaman dan saling silaturrahmi juga ni merupakan kegiatan yang ditunggu tunggu.  Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi para peserta, " sebutnya. **** irti z


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *