HEADLINE NEWS

Masyarakat Air Bangis Sambut Antusias Pembangunan SMK N 1 Sungai Beremas

IKLAN

 

 

 Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman


PASAMAN BARAT, prodeteksi.com -- Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat, terus menggapai kemajuan termasuk dalam bidang pendidikan. Mulai TP 2024/2025, akses mendapatkan pendidikan bagi warga kian luas dengan dibangunnya Unit Sekolah Baru (USB) yakni SMK Negeri 1 Sungai Beremas oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat.



Sebagaimana diketahui, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan  SMK Negeri 1 Sungai Beremas yang berlokasi di jalan Lintas Teluk Tapang Pigogah Pati Bubur Kenagarian Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (28/9/2023).


 Rencana Pembangunan SMK N 1 Sungai Beremas


Ditargetkan, sekolah kejuruan perkapalan dan pertambangan ini tuntas dibangun dalam waktu dekat sehingga dapat beroperasi pada tahun ajaran 2024/2025.


Menurut Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman, masyarakat sangat antusian menyambut dibangunnya SMK baru  bidang perkapalan dan pertambangan tersebut. Apalagi sejak lama masyarakat berharap dan sejak beberapa tahun lalu masyakat melalui ninik mamak telah mengajukan lahan untuk pembangunannya. 


"Pembangunan sekolah baru ini, tentunya sangat tepat sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana juga disampaikan Pak Gubernur ketika peletakan batu pertama waktu itu. Semoga nanti lulusannya akan menunjang rencana pemerintah dalam mengembangkan daerah Air Bangis termasuk dengan adanya Pelabuhan Teluk Tapang, " kata Nelvia Warman.


vPeletakan Batu Pertama Pembangunan USB SMK N 1 Sungai Beremas

Lebih lanjut dikatakan, pada areal pembangunan SMK Perkapalan dan Pertambangan Sungai Beremas itu, menempati lahat seluas 2,5 Ha dan sekitar 3 Ha termasuk dengan jalan masuk ke lokasi yang merupakan penyerahan ninik mamak Air Bangis.


Dia juga berharap agar proyek pembangunan gedung SMK ini berjalan dengan baik dan lancar serta selesai sesuai masa kontrak yang ditentukan.



"Mudah-mudahan nanti lulusannya yang memiliki ilmu bidang mesin perkapalan, dapat terserap langsung oleh dunia kerja di Pelabuhan Air Bangis dan Pelabuhan Teluk Tapang, " harap wali nagari


Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi, yang bertujuan menyiapkan SDM kompeten, produktif, dan berdaya saing demi menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. 


Walinagari berharao, lulusan SMKN 1 Sungai Beremas nantinya mampu bersaing di dunia kerja, dan bagi yang berminat kuliah dapat kemudian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," harapnya,



SMK N 1 Sungai Beremasa ini direncanakan terdiri dari bangunan dua tingkat, yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare (ha). Tahap pertama proses pembangunan meliputi pengerjaan lantai I yang terdiri dari enam lokal serta satu kantor.


"Kontraktor yang mengerjakan adalah CV Anak Asyit Pratama, dengan nilai kontrak Rp3,6 miliar. Target pengerjaan selama 150 hari kalender, dan selesai nanti tanggal 25 Desember 2023. *** irti z

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *