HEADLINE NEWS

Pekerjaan Optimalisasi SPAM Air Bangis Terus Dipacu, Masyarakat Sambut Positif

IKLAN

 LIPUTAN KHUSUS 

 Pekerjaan perpipaan Proyek SPAM Air Bangis 



Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Proyek Optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat Tahun Anggaran 2023 ini, terus dipacu pengerjaannya. Pihak pelaksana PT. Sinar Saronde Lestari, tengah membangun intake sumber air dan pemasangan jaringan pipa. 


Masyarakat Air Bangis sangat berterima kasih dengan adanya proyek optimalisasi SPAM ini. Sebab, penyediaan air bersih bagi masyarakat  dengan baku mutu yang telah melalui proses pengolahan nantinya, akan didistribusikan ke masyarakat secara bertahap.




Seperti disampaikan Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman belum lama ini bahwa sarana air bersih merupakan salah satu sarana penting, karena sarana air bersih yang baik selain berpengaruh pada tingkat kesehatan juga berpengaruh pada tingkat perekonomian. 


Apalagi jelasnya, sejak lama masyarakat mendambakan kehadiran air bersih. Namun dalam beberapa tahun terakhir, tahapan pembangunan SPAM, belum berhasil mendistribusikan sambungan ke rumah rumah karena terkendala sumber air tidak layak dikonsumsi dalam uji coba yang pernah dilakukan.




" Semoga tahun ini dengan optimalisasi SPAM dan sumber air baku dari sungai yang diambil dari daerah Silawai akan dapat menghasilkan kualitas air yang baik dan dapat disambungkan ke rumah rumah, " harapnya. 


Pantauan media ini di lapangan, pihak kontraktor sedang mengerjakan penggalian jalur pada sisi jalan,  untuk pemasangan pipa utama dari lokasi intake menuju lokasi penampungan di Air Bangis. 





Pihak pelaksana proyek SPAM, Irfan yang dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya sedang mengebut pekerjaan proyek yakni pembangunan Optimalisasi SPAM dengan pemasangan Jaringan Perpipaan SPAM Air Bangis melalui intake dan pipa transmisi, sehingga SPAM yang telah ada direncanakan dapat dioperasikan dan dapat memenuhi daerah pelayanan secara optimal, " katanya.


Dengan target dan sasaran yang ingin dicapai sesuai dengan ketentuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan air bersih sesuai program pemerintah.


Proyek optimalisasi SPAM dengan nilai anggaran Rp.7, 8 miliar ini  sedang pengerjaan pemasangan jaringan pipa dan juga perbaikan bagian instalasi pengolahan air (IPA) dan  bak penampung serta reserpower. 


 Perbaikan IPA



Saat ini, SPAM dengan kapasitas debit air 20 liter per detik, membutuhkan membangun jaringan pipa yang akan dikerjakan mencapai  11 km. Dan telah siap dikerjakan hingga Jumat 6 Oktober, sekitar 5, 55 Km.


Juga sedang akan dikerjakan intake pada sumber air dan rumah genset  serta pagar sekelilingnya. Dengan target mendasar air bisa  mengalir ke IPA dan diterusan ke reserpower  untuk selanjutnya bisa disambungkan ke rumah rumah.


" Semoga pengerjaan tetap  lancar sebagaimna saat ini sedang berjalan  dan dapat diselesaikan sesuai masa kontrak. Adapun bobot pekerjaan saat ini isudah mencapai sekitar 54 persen, "kata Irfan, Jumat (6/10/ 2023)


Lebih lanjut dikatakan, bahwa sesuai tujuan pekerjaan ini adalah terpenuhinya pelayanan SPAM Air Bangis dengan memberikan pelayanan air bersih dengan baik dan optimal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Sungai Beremas dan sekitarnya.*** Irti zamin


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *