HEADLINE NEWS

Kehadiran Lumbung Pangan Nagari Air Bangis Ditargetkan dapat Mendekatkan Akses Pangan Masyarakat

IKLAN

 

  Pembangunan Lumbung Pangan sebagai Lumbung Pangan Nagari AIr Bangis



Pasaman Barat, prodeteksi.com ---- Pembangunan Lumbung Pangan Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat telah rampung dikerjakan. Progres pembangunan oleh Tim Pelaksana Kegiatan yang berada di bawah Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Nagari (PTPKN) yang kegiatannya berada di Bagian Kesra Pemerintah Nagari Air Bangis, dapat menyelesaiakan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan jelang akhir tahun 2023.

 

Pantauan media ini Kamis (28/12/2023) terlihat pekerjaan bangunan sudah selesai. Dan terlihat lokasi dan bangunan telah dinersihkan dan tampak  lebih indah dan nyaman. Menurut salah seorang pekerja di sana, pembangunan telah selesai pada 27 Desemeber 2023,


"Alhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, bangunan Lumbung Pangan ini telah selesai. Semoga tahun 2024 ini sudah bisa dimanfaatkan, " kata Zaiman, ST, Ketua Tim PTPKN yang juga Kasi Kesra Pemnag Air Bangis, Minggu (30/12/2023).


Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas kerjasama dan masukan yang berarti untuk kelancaran pembangunannya. Semoga ke depan kegiatan pembangunan khususnya di Nagari Air Bangis akan lebih baik lagi.


Sebagaimana diketahui bahwa pemanfaatan gudang padang yang dibangun dari sumber Dana Desa senilai Rp. 400 Juta yang lokasinya di Jorong Bunga Tanjung ini, nantinya akan dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Nagari  (BUMNAG). Dengan target  untuk mewujudkan  ketahanan pangan dengan mengupayakan ketersediaan  cadangan pangan melalui Lumbung Pangan Nagari.

 

Sebagaimana dikatakan oleh PJ Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman, melalui Kasi Kesra, Zaiman, ST bahwa  pembangunan Unit Lumbung Pangan itu bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023. Alhamdulillah katanya proses pembangunan berjalan lancar dan teah rampung dikerjakan walau dengan berbagai kendala seperti cuaca yang musim penghujan


Dijelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara swakelola yang dibentuk dari unsur masyarakat, yang terlebih dahulu dimusyawarahkan di Jorong Bunga Tanjung.



Adapun Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) Gudang Pangan terdiri dari, Ketua: Bob Guadhino, Sekretaris: Gaffari Adli dan 
Bendahara: Milda Yanti.


Ditambahkan Zaiman, Pembangunan Lumbung Pangan ini dilakukan Verifikasi oleh tim Lapangan yaitu dari unsur Bamus, unsur LPMN, Babinsa, Babinkamtibmas dan Ekbang Kecamatan Sungai Beremas.



Lumbung Pangan ini ke depan akan dijadikan untuk usaha BUMNAG dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Nagari ( PAN ) Nagari Air Bangis. Selain untuk cadangan pangan nagari juga nantinya akan menampung produk seperti Jagung  dari hasil pertanian masyarakat.


Sehingga diharapkan pengembangan lumbung pangan ini dapat mendekatkan akses pangan sebagai model perangkat ketahanan pangan masyarakat desa yang cukup efektif.    ****Irti z

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *