HEADLINE NEWS

Pembangunan Jembatan Sikabau Segera Ditenderkan, Ini Penjelasan PUPR

IKLAN

 INFRASTRUKTUR 

 Jembatan darurat di Jalan Menuju Sikabau segera Diganti dengan jembatan baru yang permanen karena telah dianggarkan oleh Pmkab Pasbar melalui Dinas PUPR sebesar Rp. 2 milyar tahun anggaran 2024 dan segera ditenderkan


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Harapan masyarakat Sikabau Nagari Ranah Koto Tinggi Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat untuk pembangunan jembatan permanen pada jalan lintas utama ke perkampungan wisata pantai tersebut, akan segera terwujud. 


Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar memalui Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) telah menganggarkan Rp. 2 Milyar untuk tahun 2024 dan segera ditenderkan.

 

Diketahui bahwa sejak bencana banjir pada Juli 2023, mengakibatkan jembatan lama ambruk karena jalan terputus. Namun telah dibangun jembatan darurat untuk sementara waktu. 


Keberadaan jembatan ini sangat  urgens dan sangat dibutuhkan untuk kelancaranan akses ke kawasan Sikabau, Pemkab Pasbar pun telah menganggarkan tahun ini dan akan dilakukan percepatan pembangunan.


 Bambang Sumarsono, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Pasbar


Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Pasbar, Bambang Sumarsono menjawab pertanyaan Pro Pers Group yang dihubungi Senin Sore (15/4/2024). Dia  mengatakan bahwa akan segera dilakukan tender untuk percepatan pembangunan jembatan.


"Saat ini masih proses untuk pelelangan. Insya Allah bulan depan  (Mei) sudah tender dan segera dimulai pembangunannya dengan pagu dan Rp. 2 Milyar, " kata Bambang. 


"Kami akan lakukan percepatan atas kegiatan pembangunan jembatan tersebut agar bisa memperlancar aktivitas pengguna jalan dan jembatan nantinya, " jelasnya lagi


Dia juga mengungkapkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan tentu membutuhkan waktu dan tahapan sesuai perencanaan dan ketentuan. Sehingga perlu pengertian jika seandainya kondisi saat ini mengganggu kenyamanan dari masyarakat pengguna jalan untuk wisata dan keperluan lain ke Sikabau atau dari Sikabau ke daerah sekitarnya.


Elifsan, SH, Plt Kepaal Dinas PUPR Pasbar 


Terpiah, Sekretaris Dinas PUPR yang juga sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas, Elifsan, SH yang dihubungi Senin, membenarkan bahwa oembangunan jembatan pada jalur lintas menuju Sikabau telah dianggarkan sebesar Rp. 2 milyar.  


Dijelaskan, pada intinya anggaran pembangunan Jembatan Sikabau merupakan pembahasan APBD murni tahun 2023 untuk dilaksanakan pada tahun 2024 dan sudah dianggarkan. Kemudian lanjutnya untuk perbaikan obyek jembatan yang satu lagi dimungkinkan nanti adanya pergeseran atau pengalihan dari kegiatan lain sesuai skala proritas terhadap aktifitas masyarakat,  


Namun pada dasarnya jelas Elifsan, pekerjaan pada tahun 2024 sudah ada daftar kegiatan sesuai usulan pada Musrembang kecamatan. Hal tesebut sesuai usulan masing masing nagari dan kecamatan. Sedangkan untuk tahun 2025, berdasarkan usulan pada tahun 2024 ini. **** irti z




Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *