Syafrial Punya Visi ‘Menuju Pasaman Barat yang Mandiri’


SYAFRIAL, S.Pd
Pasaman Barat, prodeteksi.com---- Menuju Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang mandiri dan berbudaya berlandaskan adat dan sara’, menjadi visi Syafrial, SPd, yang bakal maju sebagai kandidat Pilkada Pasbar 2020. Kata ‘mandiri’ dalam artian, menggambarkan suatu daerah yang maju dan sejahtera. Namun tetap disinari dengan iman dan islam.

Tekad ini pulalah yang membuat Syafrial terniat untuk maju dalam Pilkada Pasbar 2020 ini.  Dengan dukungan berbagai pihak, ia pun telah menunjukkan keseriusannya dengan mendaptar pada penjaringan partai politik.

Sejalan dengan  visi tersebut, Syafrial, menyiapkan beberapa misi untuk mencapainya. Di antaranya, perlunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kesehatan, kecakapan keahlian, sikap dan moralitas sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas , inovasi dan keharmonisan.

Di samping itu, meningkatkan kualitas infrastruktur sebagai pelayanan dasar secara merata. Mengelola kekayaan sumber daya alam, seperti pertanian, pertambangan, peternakan, perikanan dan pariwisata secara optimal dan memlihara kualitas lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Misi lainnya adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang andal dan maju sehingga mampu membangun berbagai potensim daerah. Memberdayakan nagari dan kelompok masyarakat sebagai pelaku pembangunan dalam bidang sosial dan ekonomi. Serta meningkatkan kualitas iman dan taqwa , beradat dan berbudaya sebagai norma sosial semangat membangun dan persatuan.

Syafrial, SPd, yang kini masih menjabat sebagai Walinagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), memang belakangan ini kian dikenal. Selain karena mencuatnya nama beliau sebagai bakal calon kandidat pilkada Pasbar, juga tak lepas karena prestasinya memimpin nagari. 
Foto Keluarga Syafrial, S.Pd

Syafrial memenej dan menjalankan roda pemerintanah nagari dengan berbagai program pro anak nagari.  Pelaksanaannya yang optimal dan transparan, membuat  nagari yang dipimpinnya diperhitungkan untuk tingkat provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

Program pemerintah nagari Kinali tak terkecuali di bidang pembangun Sumber Daya Manusia (SDM). Tapi juga bidang infrastruktur dan pemberdayaan yang hampir lima tahun pengapdian dengan kerja keras kerja cerdas dan ikhlas. 

Suatu hal yang sangat penting jelas Syafrial ketika diwawancarai Kamis (28/11/2019),  perlunya menjaga kebersamaan dan menjaga erat kesatuan yang telah dirajut kuat selama ini.  Kinali dengan berbagai perbedaan ras dan budaya, bagi Syafrial yang akrap di sapa mak sutan ini, bukanlah menjadi suatu pemisah tapi kekuatan yang tak ternilai karna dengan basamo mangko kajadi. 

Buah tangan Syafrial dan jajarannya di Pemerintahan Nagari Kinali,  terbukti dapat menorehkan  prestasi di penghujung masa jabatannya. Tak lain terpilihnya Nagari Kinali mewakili Kabupaten Pasaman Barat dalam lomba kompetensi transparansi pelaksanaan dana desa tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2019. Kegiatan ekspos penilaian tersebut degelar pada  20 November 2019 yang lalu. di Kantor setempat. 

Bupati Pasbar, Yulianto dalam eksposnya ketika itu mengatakan, Nagari Kinali merupakan salah satu nagari yang tertib dalam pengelolaan keuangan yang dilihat dengan beberapa indikator seperti tepat waktu dalam menyampaikan laporan keuangan tahunan yaitu tangal 10 pada bulan Januari tahun berikutnya.

Pemerintah Nagari Kinali, juga berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat tahun 2018, merupakan salah satu nagari yang diberikan penghargaan sebagai nagari terbaik atas tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pegawasan intern pemerintah tahun pengawasan 2005 sampai dengan 2017 dengan predikat tuntas.

Nagari Kinali juga sudah sangat transparan dalam pengelolaan keuangannya yang ditandai dengan pemasangan baliho dan website yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan dan pemanfaatan dana desa. ****by roni/ irti z 

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.