Dua Kali Camat Sei. Beremas Berganti , Rumah Dinas tak Difungsikan

Rumah Dinas Camat Sei. Beremas Pasbar


Pasaman Barat, prodeteksi.com----Sudah dua periode pergantian camat di Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Rumah Dinas Camat yang terletak di Kota Nagari Aia Bangih, tidak difungsikan. Kini kondisinya bagai rumah terlantar yang lama ditinggal penghuninya.

Pantauan media ini, Jumat (21/02/2020), rumah dinas tersebut tampak kurang terawat, sedikit bersemak dan hanya disinggahi beberapa hewan piaraan, seperti kambing, kucing dan juga ayam. Dan ada juga tampak bekas sampah makanan yang tersisa, mungkin dari warga yang melintas dan istirahat sejenak.




Warga di sekitar mengatakan, rumah dinas itu memang sudah lama nggak dimanfaatkan. Mungkin karena kondisinya yang memprihatinkan yang memngalami kerusakan disana-sini dan butuh rehab.

Bisa juga mungkin kata warga, dikarenakan bahwa dua orang camat sebelumnya juga berasal dari daerah setempat dan tinggal tak jauh dari Kantor Camat sehingga tak mesti menempati rumah dinas.

Camat Sungai Beramas, Afkar, SIP, yang dikonfirmasi Jumat sore (21/02) membenarkan sudah lamanya rumah dinas camat tersebut tak berfungi. Saat ini menurut camat baru yang bertugas di kecamatan tersebut sejak 3 bulan lalu, yang berasal dari Ujung Gading ini, kondisi rumah dinas butuh rehab dan renovasi agar bisa difungsikan kembali.

"Memang benar, sudah dua periode camat, rumah dinas tak dipakai. Saya sudah cek kondisinya, selain kerusakan di berbagai sisi rumah seperti dapur, beberapa ruangan dan kamar mandi, juga atapnya bocor, lantainya juga butuh rehab, “ kata Afkar kepada wartawan dari organisasi SPRI, yang menjumpainya sore itu.

Afkar, S.IP
Lebih lanjut dikatakan, untuk rehab dan renovasi rumah dinas itu, dibutuhkan sedikitnya Rp, 50 juta. Namun belum masuk anggaran pada tahun ini. Diharapkan katanya dapat dianggarkan dalam perubahan.

“Kita sudah ajukan agar direhab tahun ini, namun kabarnya tercoret karena menghadapi pilkada. Juga telah diajukan lewat Musrenbang tingkat nagari dan kecamatan. Mudah-mudahan nantinya bisa masuk dalam APBD perubahan, “ harap Afkar.

Memang sebelum rumah dinas direhab, kondisi rumah dinas belum bisa ditempati. Sehingga sesekali camat Afkar bermalam dan menginap di Mess Pemda Air Bangis. Dan hari lainnya pulang pergi dari Air Bangis-Ujung Gading. ****irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.