Update Data Covid-19 Pasbar, Pelaku Perjalanan kini Mencapai 13.757 Orang

dr Gina Alecia, Juru Bicara Gugus Tugas Posco Covid-19 Dinkes Pasbar
Pasaman Barat, prodeteksi.com----Update data Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), hingga Sabtu (25/4), yang mengalami peningkatan drastis adalah Pelaku Perjalanan, baik itu pelaku perjalanan dari luar daerah maupun perantau yang pulang kampung.

Data pelaku perjalanan dari daerah terjangkit (PPT), sampai Sabtu (25/4) menurut dr Gina Alecia, berdasarkan data Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Pasbar, terus terjadi peningkatan, dari total sebelumnya 12.988 orang, sampai Sabtu menjadi 13.757 orang.

Terjadi peningkatan pelaku perjalanan, yang ditandai kepulangan para perantau dan orang luar yang masuk Pasbar. Sehingga dalam sehari saja pelaku perjalanan sudah bertambah sebanyak 769 orang. Data ini tersebar di seluruh kecamatan di Pasaman Barat. Kepada mereka diminta untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

“Memang benar, data pelaku perjalanan, kini melonjak. Sehingga  dari hasil pemeriksaan petugas bertambah 3 orang lagi ODP (Orang Dalam Pemantauan), yang ada keluhan demam, batuk dan atau nyeri tenggorokan, “kata Gina Alecia yang dihungi media ini, Sabtu Sore (25/4)

Maka data kumulatif ODP sampai hari Sabtu, adalah sebanyak 236 Orang. Dari jumlah tersebut 192 orang sudah selesai pemantauan dan 44 orang masih dalam pemantauan. 

Sebelumnya Jumat (24/4), total Kumulatif ODP adalah 233 Orang. Terjadi pertambahan sebanyak 21 orang. Ketika itu yang sudah selesai pemantauan 190 orang dan 47 orang masih dalam pemantauan. Namun hingga Minggu, orang yang masih dalam pemantauan sudah berkurang menjadi 43 orang lagi.

Lanjutnya, yang dikatakan masih dalam pemantauan adalah yang nasih ada gejala,  atau tidak ada gejala tapi belum berakhir masa isolasi 14 hari. Sehingga masih dipantau sampai habis 14 hari.


Sedangkan selesai pemantauan  memang tidak dilakukan tes, tapi dil ihat dari ada atau tidak gejala. Jika masih muncul gejala, maka akan dilanjutkan kembali pemantauan 14 hari kembali. Jika kemudian tidak ada gejala, maka dinyatakan sehat, jelasnya.

Sementara itu, data lainnya masih sama seperti sebelumnya, yakni kasus positif Covid-19 di Pasbar terdata tetap 1 orang. Saat ini dirawat di RS Rujukan UNAND Padang. **"Irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.