Data Covid-19 Pasbar Sampai Minggu, ODP Tetap dan 2 Orang OTG Hasilnya Negatif

Pasaman Barat, prodeteksi.com----Perkembangan data wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat, sampai Minggu (26/4), yang postif Covid-19 atau yang terpapar virus corona, sebagaimana diberitakan sebelunya, masih tetap satu orang. Yang bersangkutan inisial “R”, warga Talamau yang kini masih dirawat di RS Rujukan UNAND Padang.

Sedangkan, total kumulatif PDP (Pasien Dalam Pengawasan) kini sudah tidak ada lagi. Karena dari  8 orang PDP beberapa waktu lalu, 7 orang di antaranya sudah sehat dan 1 orang meninggal dunia.  

Kemudian data kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) bertambah 2 orang  (petugas RSUD yang kontak dengan Ny. R). Namun hasil rapid test pertama terhadap kedua orang tersebut dinyatakan negatif. 

“Sebelumnya memang ada 8 orang OTG, namun 7 orang hasil pemeriksaan negati/ sehat dan satu orang masuk dalam data positif corona (Ny. R) “kata Gina Alecia, yang dihungi media ini, Minggu Sore (26/4).

Lanjutnya, data kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) juga jumlahnya sama dengan hari sebelumnya Sabtu,  yakni sebanyak 236 Orang. Namun  2 orang lagi sudah selesai pemantauan sehingga menjadi 194 oarang yang sudah selesai pemantauan, dari sebelumnya 192 orang. Kini tinggal 42 orang  lagi yang masih dalam pemantauan.

Adapun penyebaran ODP tersebut adalah Ranah Batahan 3 orang, Sungai Beremas 5 orang, Koto Balingka 3 orang, Sungai Aur 2 orang, Sasak ranah Pasisia 3 orang, Luhak Nanduo 3 orang, Lembah Melintang 4 orang, Gunung Tuleh Nihil, Talamau 1 orang, Pasaman 8 orang dan Kinali 10 orang.

Dari data penyerabaran ODP tersebut, terbanyak di Kecamatan Kinali dan Kecamatan Pasaman. Dan satu-satunya kecamatan yang nihil (nol/tidak ada), baik ODP, PDP, dan Positif adalah Kecamatan Gunung Tuleh.

Sementara itu, yang terus mengalami peningkatan adalah Pelaku Perjalanan, yang tersebar di seluruh kecamatan. Baik itu pelaku perjalanan dari luar daerah maupun perantau yang pulang kampung.

Data pelaku perjalanan dari daerah terjangkit (PPT) ini, sampai Minggu (26/4), berdasarkan data Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Pasbar, adalah sebanyak  14.457 orang, bertambah 700 orang dibanding data Sabtu yang berjumlah 13.757 orang.

“Walau terjadi peningkatan pelaku perjalanan, Tapi hingga Minggu (26/4), tidak menambah data OPD (Orang Dalam Pemantauan). Namun kepada semua pelaku perjalanan diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari. Kemudian, dilihat perkembangannya, jika tidak ada gejala maka tidak ada perpanjangan masa isolasi mandiri. Artinya dianggap yang bersangkutan dalam keadaan sehat tanpa keluhan. Seperti demam, batuk dan atau nyeri tenggorokan, “jelas Gina Alecia 

Penghitungan data Covid-19 oleh Satuan Gugus Tugas Dinas Kesehatan Pasbar ini, adalah dihitunga dari data jam 12 hari sebelumnya sampai jam 12 hari ini. Artinya, data hari ini dihimpun dari data kemarin (Sabtu) dari jam 12.00 WIB siang. ****irtiz 

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.