HEADLINE NEWS

Validasi Data SDGs, Giat Dilakukan di Nagari Aia Bangih

IKLAN

 

 Pendataan SDGs Nagari Aia Bangih 


Pasaman Barat, prodeteksi.com---- Pendataan SDGs Desa 2021 di Nagari Air Bangis sedang giat-giatnya dilakukan. Ditargetkan ke depan dengan pendataan yang merupakan program kementerian desa ini, akan dapat mengimplementasikan dalam pembangunan nagari dan pemberdayaan masyarakat berbasis data yang lebih baik. 


SDGs adalah singkatan Sustainable Development Goals. Adalah perencanaan pembangunan berkelanjutan yang merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. 




“Kita sedang giat-giatnya melakukan pendataan SDGs ke setiap jorong, mudah-mudahan sampai saat ini berjalan dengan lancar, “ kata Sekretaris Nagari Air Bangis, Nelvia Marman didampingi Kasi Kesra, Zaiman, ST. 


Menurut Zaiman, pendataan SDGs ini, jangkan panjang bertujuan untuk mewujudkan desa tanpa, kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, desa berkesetaraan gender, desa layak air bersih dan sanitasi, desa yang berenergi bersih dan terbarukan, pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa. 


Terus, desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, ekosistem laut desa, ekosistem daratan desa, desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

   .

 Pelatihan tenaga pendataan 


Dijelaskan, proses penggalian dan pengumpulan pencatatan verifikasi dan validasi data SDGs Desa ini dilaksanakan oleh Kelompk Kerja Relawan Pendataan. Ke depan data ini sangat berguna untuk menentukan arah pembangunan nagari.

“Dalam konteks pembangunan nagari, tentu sangat dibutuhkan arah pembangunan berkelanjutan yang lebih sesuai kondisi lapangan. Yaitu yang detil atau mikro, mencakup berbagai aspek serta tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu, “ terang Zaiman.

Ditambahkan,  tahapan pendataan SDGs Desa  dimulai dengan menyusun Pokja Relawan Pendataan, memutakhirkan data pada level desa, rukun tetangga, keluarga dan warga dan kemudian menganalisis data serta merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis nantinya. *** irti z




Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *