HEADLINE NEWS

Kurang Terawat? Wabup Risnawanto Minta CV Putra Norma Karya Kelola Kebun Sawit Pemda dengan Baik.

IKLAN

 Wabup Rosnawanto ketika tinjau Kebun di Muara Kiawai 


Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Keberadaan kebun kelapa sawit milik Pemda Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar)  pada Tanah Kas Desa di Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh yang dikelola CV Putra Norma Karya, butuh perawatan maksimal. Sebab, jika tidak terawat dengan baik, hasil produksinya pun tidak akan meningkat, malah bisa kian menurun dan tambah parah. 


Padahal, jika dioptimalkan perawatan dan pengelolaannya, akan berdampak baik terhadap peniugkatan hasil produksi. Dan pendapatan daerah pun kian bertambah. Sehingga dapat meningkatkan pembangunan di Pasaman Barat.




Untuk melihat secara langsung keberadaan kebun tersebut. Wakil Bupati Risnawanto melakukan sidak dan kunjungan langsung ke lokasi perkebunan tersebut. 


Risnawanto didampingi Asisten I Setia Bakti, Kadis Perkebunan Edrizal, dan Pembina CV Putra Norma Karya H. Karnalis, meninjau perkebunan tersebut di Muara  Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kamis, (12/8)2021).


Kebun kelapa sawit ini merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pasbar yang memiliki luas sekitar 128 Hektar.


"Ini dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi perkebunan kelapa sawit tanah kas desa yang merupakan salah satu penyumbang PAD di Pasbar. Dari Perkebunan Kelapa Sawit ini PAD terkumpul per bulannya adalah sebesar Rp110 Juta per bulannya dan untuk per tahun terkumpul kurang lebih Rp1,3 Miliyar.


Dalam peninjauan tersebut Wabup Risnawanto juga meminta kepada CV Putra Norma Karya untuk melakukan pemeliharaan terhadap kebun sawait, agar produksi haris perkebunan dapat semakin meningkat, sehingga berdampak kepada Pendapatan Asli Daerah yang semakin tinggi.


"Banyak hal yang harus dilakukan dalam memperbaiki atau memelihara perkebunan ini, seperti bruning, perawatan lahan, pemeliharaan piringatan, pupuk serta pemeliharaan jalan agar Perkebunan tersebut bisa menghasilkan produksi dengan maksimal,"pintanya. ****kf/irz


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *