HEADLINE NEWS

Jalan Teluk Tapang kian 'Rancak' dan 'Tacelak ', Pekerjaan Tahap Tiga Segera Rampung

IKLAN

Lipsus Infrastruktur

 Jalan Teluk Tapang Pasaman Barat


Pasaman Barat, prodeteksi.com------Pekerjaan pembangunan Jalan Pelabuhan Teluk Tapang Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat, tahap tiga tahun anggaran 2021 segera rampung. Masyarakat berharap agar pemerintah tetap melanjutkan tahap berikutnya pada tahun aggaran 2022 ini.


Pantauan media ini di lokasi beberapa hari lalu, tampak aktivitas pekerjaan pihak pelaksana proyek dalam mengejar target selesai akhir Desember 2021. Sementara sejumlah warga juga sudah memanfaatkan jalan terutama bagi mereka yang punya kebun di sekitar lokasi .


"Jalan ini kian bagus, mulus dan lebar. Juga tampak semakin tacelak. Mudah-mudahan tahun depan diteruskan lagi agar sampai ke lokasi pelabuhan, " kata seorang warga yang melintasi jalan.


Lanjutnya, jika pembangunan diteruskan, akan memberikan imbas positif untuk perputaran ekonomi, baik perdagangan, pertanian dan pariwisata dan lainnya. Hal ini terutama akan berdampak langsung bagi masyarakat sekitar khususnya daerah Pigogah Pati Bubur dan Air Bangis, umumnya Pasaman Barat dan Sumatera Barat. 

 Pembangunan Jalan Teluk Tapang Tahun Anggaran 2021



PT. Rimbo Peraduan sebagai pelaksana pekerjaan tahun 2021 ini menargetkan selesai akhir tahun 2021. "Kita terus memacu pekerjaan dengan tetap mengutamakan kualitas. Mudah-mudahan akhir Desember rampung 100 persen, " kata salah seorang pihak kontraktor, 


Pekerjaan proyek di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga ini, sudah berjalan selama dua tahun pengerjaan. Tahun 2021 termasuk tahun ketiga pekerjaan pada proyek strategis Sumbar. Dan baru tahun ini PT. Rimbo Peraduan dipercaya untuk meneruskan pekerjaan dari rekanan sebelumnya.


 “Saat ini bobot pekerjaan sudah mencapai 97 persen. Kita komit untuk rampung sesuai masa kontrak, “kata Salman pihak kontraktor ketika dihubungi media ini, Selasa (07/12/2021).


 Pembangunan Jalan Teluk Tapang 2021


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, titik awal pekerjaan dimulai dari kilometer 12,3 dari Bungo  Tanjung Air Bangis  ke arah Teluk Tapang hingga ujung pekerjaan sepanjang 22 KM. Atau sepanjang  9,7  KM pekerjaan jalan dihitung dari titik awal proyek  TA 2021 ini.


Menurut Salman, item pekerjaan mulai dari pembukaan jalan, galian dan penimbunan serta pengerasan dan pengaspalan. Dari total 9 kilometer lebih yang akan dikerjakan, sekitar 2 KM merupakan jalan tanah dan tidak  masuk dalam pekerjaan pengaspalan. 


Selain pembangunan jalan, juga beberapa unit jembatan pendek (Box Culvert). Dengan nilai kontrak sebesar Rp. 60,87 miliar oleh penyedia jasa PT. Rimbo Paraduan dan konsultan supervisi PT. Manggala Karya Bangun Sarana KSO dan PT. Khayyira Engineering Consultan. 

.  

 Pekerjaan Jalan Teluk Tapang 2021

Jika pekerjaan PT. Rimbo Peraduan ini rampung, maka masih tersisa sepanjang 21 KM lagi jalan yang harus dibangun dan diaspal untuk sampai ke titik lokasi pelabuhan Teluk Tapang. Baru kemudian terbuka akses sampai lokasi untuk kemudian dapat diporasikan.



“Untuk bisa menembus jalan itu sampai ke lokasi pelabuhan tentunya masih butuh penganggaran proyek setidaknya dua tahun anggaran lagi. Karena masih ada 21 KM lagi dari 43 KM total panjang Jalan Teluk Tapang- Bungo Tanjung. Dan sebanyak 13 unit jembatan, “ sebutnya.. ***irz

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *