HEADLINE NEWS

Terkait Usulan Lokasi Perkantoran Nagari Batahan Utara, Ini kata M. Riad Zamin

IKLAN

 

 M.Riad Zamin Lubis 

Pasaman Barat, Prodeteksi.com -----Terkait rencana penataan pusat pemerintahan nagari atau pembangunan kawasan perkantoran Nagari Batahan Utara menurut M. Riad Zamin, putra Batahan Utara yang domisili di Padang,  Menurutnya Jalan Lintas Sawah Mudik (Sabajulu) dinilai sangat strategis untuk pengembangan ke depan.

 

Disampaikan bahwa  untuk penetaan tata butuh pengkajian serius. Dan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan  pertimbangan. Pertama adalah mengenai tata letak geografis nagari, yang mana nantinya pusat perkantorannya berada pada titik sentral yang ideal dan bisa untuk dikembangkan. Kemudian dapat pula dengan mudah dijangkau dari semua wilayah kejorongan yang ada di dalam nagari.

 

Kedua kata Riad, hendaknya sejalan dengan rencana pengembangan tata ruang yang akan dilaksanakan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten. Ini penting agar terealisai rencana pembangunan jalur lintas terdekat menuju Sumatera Utara yang melewati Jalan Raya Sawah Mudik (Sabajulu)   yang telah dimulai dengan pembukaan jalan.

 

 “Jika jalan lintas ini terealisasi, tentu perkembangan kawasan akan lebih cepat dan bisa dimanfaatkan oleh semua kejorongan yang ada di Nagari Batahan Utara, " katanya.


Ketiga jelas Riad, bahwa lokasi dan pembebasan tanah itu juga merupakan hal yang mendasar untuk menjadi bahan pertimbangan bagaimana kita meletakkan sebuah lokasi perkantoran yang ideal yang mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat.


Selanjutnya  harus ada juga studi kelayakan wilayah tersebut Apakah bisa dikembangkan atau tidak karena kita juga tahu bahwa di sana di Nagari Batahan Utara itu ada sebuah PT yang memiliki HGU oleh pemerintah. Hal itu sangat luas sekali dan jika bersentuhan dengan HGU agak sulit pengembangan untuk masa depan bagi pemerintahan nagari.


Padahal menurut Riad, luas lahan yang dikuasai oleh sebuah daerah, menentukan juga masa depan pemerintahan bisa berkembang atau tidak. Kalau misalnya lahan sempit sulit untuk pengembangan. Sebab, idealnya sebuah perkantoran itu mesti didukung dengan fasilitas olahraga fasilitas ekonomi fasilitas budaya pariwisata dan lainnya juga menjadi faktor penentu untuk meletakkan pusat pemerintahan.


Maka Riad menilai dalam menentukan lokasi perkantoran tidak bisa berdasarkan keinginan semata saja,  tapi harus berdasarkan kebutuhan ideal  yang akan menjadi dasar pondasi mengambil kebijakan dan solusi yang terbaik. Sehingga tidak ada konflik semua bisa diterima dan bermanfaat untuk masa depan Nagari Batahan Utara.


Sehubungan dengan itu ungkapnya, ia menilai bahwa Jalan Lintas Sabajulu (Sawah Mudik), yang terletak di pertengahan menuju Sawah Mudik dan persis di pinggir jalan raya adalah lokasi yang sangat strategis dan potensial untuk pengembangan kawasan. 


"Lahan seluas 1 Ha tersebut telah serahkan sebagai hibah untuk lokasi perkantoran nagari dengan surat penyerahan yang telah ditandatangani ninik mamak dan pihak terkait pada tahun 2019 lalu. Dan ini telah disampaikan kepada Pemkab Pasbar melalui DPMN Pasbar. Semoga ini jadi pertimbangan untuk ditetapkan, "sebut Riad  ****irz

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *