HEADLINE NEWS

Pengaspalan Jalan Teluk Tapang yang Dikerjakan PT.WIKA Memasuki STA 32, Proses Pemadatan terus Berlanjut

IKLAN


Liputan Khusus/ Advertorial


 

 Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 

Pasaman Barat, prodeteksi.com -----Geliat Pengaspalan Jalan Teluk Tapang Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) oleh PT. Wijaya Karya (PT. WIKA) Persero Tbk, terus dipacu. Awal Desember 2023 ini, pengaspalan jalan mulai memasuki Stasiun (Sta) 32. Proses pemadatan juga terus berlanjut dengan pekerjaan yang optimal dan  mengutamakan kualitas.

 

  Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 

Sebab, diketahui bahwa salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam konstruksi jalan aspal adalah proses pemadatan. Pantauan di lapangan, Sabtu (9/12/2023), terlihat setiap alat penghampar disertai  dengan beberapa alat pemadat sesuai jenis yang type yang diperlukan. Dengan target mewujudkan kuaitas yang baik.   

 

Secara bersamaan pada titik yang berbeda juga tampak sedang pengerjaan perkerasan lapisan bawah atau sub base course dan pondasi atas dengan menghamparkan material campuran antara pecahan batu dan pasir  terus dioptimalkan. Dan terlihat proses pemdatan dengan mealakukan penggilasan hamparan agregat menyambung badan jalan yang telah diaspal. 

 

  Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 

PT. WIKA menargetkan selesai pekerjaan sebelum berakhir masa kontrak yang saat ini  masih ada waktu pekerjaan sekitar 4 bulan lagi. Terhitung tanggal mulai kontrak 9 September 2022 dengan masa kerja selama 600 hari kalender

 

Humas PT. WIKA menyebutkan bahwa geliat pembangunan Jalan Teluk Taang berdampak positif, tidak saja kelancaran perhubungan ke Teluk Tapang, tapi juga telah dapat membuka akses kawasan terisolir Ranah Penantian Poros menjadi kawasan terbuka yang dapat memanfaatkan akses perhubungan darat. 



Selain itu akses ke lokasi pertanian warga juga semakin lancar. Sehingga diharapkan ekonomi masyarakat semakin membaik.

 

  Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 

Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman juga mengungkapkan rasa syukur dengan perkembangan pembangunan Jalan Teluk Tapang. Menurutnya, jika pembanguan jalan menuju Teluk Tapang rampung dan pelabuhan beroperasi, otomatis memberi dampak yang baik di bidang ekonomi. Tidak saja untuk kawasan Air Bangis tapi juga kawasan Pasbar dan Sumatera Barat, bahkan secara nasional.


"Secara lokal akan dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. Terutama untuk kelancaran akses perhubungan dan akses usaha pertanian dan perdagangan, " katanya.


  Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 


Sebagi contoh lanjutnya, sebelumnya, masyarakat perkapungan Poros Ranah Penantian, memanfaatkan jalur laut dengan naik boad atau kapal jika ingin bepergian ke luar seperti ke pusat Kota Air Banis atau ke daerah sekitar, baik untuk kepentingan layanan pendidikan, kesejhatan dan pemerintahan serta juga kepentingan perdagangan. Hal ini mengeluarkan dana yang lebih besar untuk transportasi laut.

 


Dikatakan warga tersebut, dengan kian bagusnya jalan Teluk Tapang, sangat dirasakan manfaatnya oleh para pedagang dan juga petani. Sebab selain akses yang kian lancar juga memudahkan dalam mengangkut barang dagangan serta komoditi pertanian dan perkebunan.

  

  Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 

Sebagaimana diketahui proyek yang dikerjakan PT WIKA  ini dengan nilai  kontrak senilai Rp. 216.419.511.408,00  merupakan proyek multi years (2022-2024) untuk perampungan jalan, yang berada di bawah Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi SumbarKementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.   ***** irti z

 

  Geliat Pekerjaan Proyek Jalan Teluk Tapang 


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *