HEADLINE NEWS

Pengembangan Usaha BUMNAG, Nagari Air Bangis Bangun Gudang Pangan Nagari

IKLAN


 Bangunan Lumbung Pangan Nagari Aur Bangis sedang dikerjakan 


Pasaman Barat, prodeteksi.com ---- Suatu program membangun nagari ke depan dan upaya pengembangan Badan Usaha Milik Nagari  (BUMNAG). Pemerintah Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat  berkeinginan untuk mewujudkan  ketahanan pangan dengan mengupayakan ketersediaan  cadangan pangan melalui Lumbung Pangan Nagari.


Sebagai langkah awal pada tahun 2023 ini Pemerintah Nagari Air Bangis mulai membangun satu Unit Gudang Pangan yang bersumber dari Dana Desa senilai Rp. 400 Juta, di Jorong Bunga Tanjung.


Pantauan media ini, Sabtu, 09 12/2023, pembangunan gudang yang akan dijadikan lumbung pangan itu telah dikerjakan dan mulai memasuki tahap pemasangan atap. 


Selain itu para pekerja  tampak sedang mengerjakan plasteran, menyiapkan galian sumur dan lainnya. Ditargetkan pekerjaan rampung jelang akhir Desember 2023.


PJ Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman, melalui Kabag Kesra, Zaiman, ST mengatakan,  pembangunan Unit Gudang Pangan itu bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023. Alhamdulillah katanya proses pembangunan berjalan lancar walau ada sedikit terkendala kecepatan pekerjaaan karena cuaca penghujan

 


"Insya Allah bangunan ini akan siap akhir Desember sesuai yang ditargetkan. Semoga tahun depan sudah dapat dimanfaatkan. Namun untuk pembenahan lokasinya, masih butuh penganggaran untuk pagar, penimbunan dan pemadatan halaman dan perbaikan jalan dari pintu masuk, " katanya ketika dijumpai di lokasi.


Dijelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara swakelola yang dibentuk dari unsur masyarakat, yang terlebih dahulu dimusyawarahkan di Jorong Bunga Tanjung.


Adapun Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) Gudang Pangan terdiri dari, Ketua: Bob Guadhino, Sekretaris: Gaffari Adli dan 
Bendahara: Milda Yanti.


Ditambahkan Zaiman, Pembangunan Gudang Pangan ini dilakukan Verifikasi oleh tim Lapangan yaitu dari unsur Bamus, unsur LPMN, Babinsa, Babinkamtibmas dan Ekbang Kecamatan Sungai Beremas.



Gudang Pangan ini ke depan akan dijadikan untuk usaham BUMNAG dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Nagari ( PAN ) Nagari Air Bangis 


Menurut Zaiman, selain untuk cadangan pangan nagari juga nantinya akan menampung produk seperti Jagung  dari hasil pertanian masyarakat.


"Diharapkan pengembangan lumbung pangan ini dapat mendekatkan akses pangan sebagai model perangkat ketahanan pangan masyarakat desa yang cukup efektif sebagai tempat penyimpanan, juga untuk menjaga stabitas harga, " sebutnya  ****Irti z

 


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *