HEADLINE NEWS

Verifikasi Tempat Uji Kompetensi, Tim Disdik Sumbar Kunjungi SMK TI ZAMIGA

IKLAN

 


 Verifikasi Temat Uji Kompetensi di SMK TI ZAMIGA


Pasaman Barat, prodeteksi.com ------ Tim dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat kunjungi SMK negeri dan swasta se Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Ini dalam rangka verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) , termasuk ke SMK TI Zamiga Koto Balingka, Sabtu (27/01/2024). 


Untuk mengunjungi semua SMK di Pasbar, tim menghasbiskan waktu  selama dua hari dari tanggal 26-27 Januari 2024. Dimulai dari arah selatan Pasbar hingga ke arah utara Pasaman Barat.


Tim yang berkunjung ke SMK TI Zamiga, terdiri dari 3 orang, yakni : Drs, Nofiandri, MPd, pengawas SMK, Amdra Warna, S.Pd, MPd , pengawas SMK, dan Ismed, Fu PSMK Dinas Pendidikan Sumbar. 


Tim melaksanakan verifikasi pada dua kompetensi keahlian yang ada di SMK TI Zamiga, yakni Teknik Komputer dan Jaringan dan satu lagi, Teknik Sepeda Motor.  Mereka meninjau keadaan tempat ujian sesuai persyaratan  pelaksanaan uji kompetensi yang dilakanskan secara mandiri di SMK TI Zamiga.


Adapun pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) secara mandiri di SMK TI Zamiga akan dilaksanakan rentang bulan Maret/ awal April 2024, dengan melibatkan mitra dunia usaha/dunia kerja yang memiliki bidang pekerjaan utama yang relevan dengan kompetensi/konsentrasi keahlian peserta yang diujikan. 


Jelang pelaksanaan UKK nanti, SMK TI ZAMIGA tengah sedang menyiapkan bahan, peralatan, penguji, dan alat/komponen penunjang UKK lainnya untuk  memenuhi syarat kelayakan sebagai tempat uji kompetensi.


Dalam kunjungannya ke SMK TI Zamiga, Tim melakukan verifikasi dengan menggunakan instrumen, baik mengenai kondisi tempat ujian dan peralatan yang dbutuhkan serta kerjasama sekolah dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri. Hasil verifikasi kelayakan selanjutnya akan disampaikan  Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar berdasarkan rekomendasi tim verifikasi.


Dalam kesempatan itu, tim verifikasi meninjau lagsung ketersediaan peralatan dan kelengkapan tempat uji kompetensi serta memberikan masukan untuk lebih baik lagi ke depan dalam pelaksanaan UKK nantinya.


Kepala SMK TI Zamiga yang juga pimpinan yayasan YPPIT ZAMIGA, Irti Zamin Lubis, SS mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan masukan yang diberikan untuk perbaikan ke depan. Pihak sekolah dan yayasan katanya siap untuk berupaya maksimal mungkin dalam melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. 


Ke depan katanya, pihak sekolah sangat berharap bantuan dari Dinas Pendidikan Sumbar dan pihak lain yang peduli pendidikan terutama dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana penunjang, untuk peningkatan kalitas yang lebih baik lagi. 


"Kita dari pihak sekolah maupun yayasan sudah berupaya semaksimal mungkin dalam pengembangan sekolah berbasis pesantren ini. Alhamdulillah sudah banyak perkembangan fasilitas dan sarana prasarananya. Namun tentu masih banyak keterbatasan dan kekurangan yang perlu ditingkatkan, apalagi peserta didik banyak yang kurang mampu dan umumnya  peserta didik diberi keringanan uang sekolah seperti gratis SPP dan uang pembangunan  " kata Irti Zamin.


Dia juga menjelaskan bahwa tamatan SMK TI Zamiga sudah memeliki berbagai keterampilan yang diperoleh peserta didik, tidak saja bidang kejuruan tapi juga adanya ilmu kepesantrenan, juga keterampilan keagamaan seperti, tahfis qur'an, pidato dan khutbah, tartil dan tilawah, keterampilan seni islami, juga diberikan keteramilan kursus komputer office training dan bahasa arab dan inggris dasar dengan kerjasama LPK TRIA, bersertifikat kursusu bagi yang lulus ujian akhir kursus.  **** i/tr


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *