HEADLINE NEWS

Update Covid-19 Pasbar, 7 PDP dan 11 Hasil Tracking, Semuanya Dinyatakan Sehat

IKLAN

Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Pasbar
Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Updata data pencegahan dan penanganan wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), hingga Sabtu (18/4), semua PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang berjumlah 7 orang, sesuai pemeriksaan swab terhadap mereka semuanya dinyatakan negatif, alias dalam keadaan sembuh dan sehat. 

Sebelumnya, 1 orang pasien PDP yang meninggal dunia, sesuai hasil pemeriksan medis juga dinyatakan negatif, artinya tidak terinfeksi Corona. 

Pasien tersebut inisial "S", seorang perempuan, warga Simpang Tiga, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasbar, meninggal dunia di RSUD Jambak. Kamis (16/42020), bukan karena Covid-19. Melainkan, Almarhumah sebelumnya mengalami gejala infeksi saluran usus buntu dan sempat dirawat selama satu hari.

“Juga kabar baik bahwa dari total OTG (Orang Tanpa Gejala) yang terdata sebanyak 7 orang. Dari hasil pemeriksaan swab, semuanya juga dinyatakan negatif dan dalam kondisi sehat, tidak terindikasi adanya tertular Covid-19, "kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas COVID-19 Dinkes Pasbar, dr Gina Alecia saat dihungi prodeteksi.com, Sabtu (18/4/2020).

Sedangkan, kasus yang positif Covid-19 di Pasbar terdata tetap 1 orang. Yang bersangkutan tanpa gejala (OTG) dan saat ini dirawat di RS Rujukan UNAND Padang. Adalah seorang perempuan berinisial R. yang sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke kota Padang dan kontak langsung dengan korban HA, 50 tahun, warga Pasbar yang tinggal di Kota Padang dan meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang, Kamis (9/4/2020) silam.  

Seterusnya, jelas Gina Alecia, hasil tracking (penelusuran/pelacakan) terhadap yang ada riwayat kontak dengan inisial “R”, tercatan 11 orang yang diperiksa swapnya. Dan telah dikirim ke Laboratorium UNAND Padang. Juga suatu kabar yang menggembirakan karena semuanya dinyatakan sehat atau negatif (tidak terinfeksi Covid-19) 

Data lainnya, jumlah kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan)  sebanyak 191 Orang. Dari jumlah tersebut 144 orang sudah selesai pemantauan dan 47 orang masih dalam pemantauan. Sebelumnya Jumat (17/4), total Kumulatif ODP adalah 182 Orang. Terjadi pertambahan sebanyak 9 orang. Ketika itu yang sudah selesai pemantauan 134 orang dan 48 orang masih dalam pemantauan. Namun hingga Sabtu, orang yang masih dalam pemantauan sudah berkurang menjadi 47 orang lagi.

Sementara itu, data pelaku perjalanan dari daerah terjangkit (PPT), sampai Jum’at (17/4) menurut dr Gina Alecia, berdasarkan data Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Pasbar, terus terjadi peningkatan pelaku perjalanan dari total sebelumnya 9.938 orang, sampai Sabtu menjadi 10.285 orang. Mereka diminta untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. ***irti z 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *