Hasil Swab Almarhumah “M” asal Lubuk Gadang Negatif, tidak Terinveksi Covid-19


Pasaman Barat, prodeteksi.com-----Sempat beredar isu adanya warga Jorong Lubuk Gadang Nagari Parik Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang terkena Virus Corona atau Covid-19. Isu beredar pasca pemakaman Almarhumah “M”  pasien PDP, yang dimakamkan sesuai protokol Covid-19.

Namun ternyata isu itu tidak benar. Sebab, berdasarkan hasil test SWAB terhadap pasien inisial “M” (40 th), yang meninggal dunia di RS M Jamil Padang dan dimakamkan di Lubuk Gadang nagari Parit Koto Balingka, diketahui hasilnya NEGATIF. Artinya yang bersangkutan tidak terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Pasbar, dr. Gina Alecia, M.Kes, mejawab pertanyaan prodeteksi.com, Kamis (11/6/2020). Hasil test terhadap yang bersangkutan telah diumumkan bersama hasil update data  Covid-19 Pasbar di Media Center Kantor Bupati Pasbar, Rabu (10/6/2020).

“Alhamdulillah hasil test swab terhadap pasien PDP inisial “M” yang meninggal dunia di Padang dan dimakamkan di Lubuk Gadang Parik, hasilnya Negarif Covid-19, “ kata Gina Alecia.

Meski demikian ia berharap pada semua masyarakat Pasbar, walau kini Pasbar memasuki masa new normal, namun tetap waspada. Ikuti protokol kesehatan, tetap jaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya dalam antisipasi pencegahan Covid-19. 

“Yang terpenting, masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19, kalu tidak penting lebih baik di rumah saja. Apalagi hendaknya jangan bepergian dulu ke daerah zona merah, yang banyak terjangkit Covid-19, “ kata Gina Alecia pada prodeteksi.com.

Sebelumnya. Informasi di media sosial menyebutkan, riwayat pasien “M” pada hari Minggu 07 Juni 2020  dirujuk ke Rumah Sakit M.Jamil Padang. Ia punya riwayat menderita diabetes dan gagal ginjal. Lalu Pihak Rumah Sakit menyatakan status pasien masuk PDP(Pasien Dalam pengawasan). 

Kemudian pada Senin 08 Juni 2020 sekira pkl 15.00 WIB meninggal dunia di RS M.Jamil Padang. Lalu beberapa jam kemudian dibawa langsung menuju Pemakaman umum Jorong Lubuk Gadang Nagari Parit Kec Koto Balingka dan dimakamkan menggunakan SOP Covid 19. Pemakaman malam itu sekitar pukul 23.00 WIB berjalan aman dan lancar.

“Setiap pasien yang termasuk status PDP, walau belum pasti terjangkit Covid-19 karena masih dalam tahap pemeriksaan dan perawatan, sesuai ketentuan, tetap dimakamkan sesuai protokol Covid-19, “ jelas Gina Alecia.

Sementar itu, disampaikan, data update Covid-19 Pasbar per Rabu 10 Juni 2020  hasil SWAB seluruh OTG tenaga kesehatan berjumlah 14 orang hasilnya NEGATIF.  

Data Kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) 271 Orang. Dari jumlah itu, sebanyk 266 orang diantaranya sudah selesai pemantauan dan 5  orang masih dalam pemantauan. Total kumulatif PDP (Pasien Dalam Pengawasan)16 org. Hasil swab 15 orang negatif (sehat 10 orang, meninggal 5 orang) dan isolasi mandiri1 orang (RDT pertama non reaktif)

Sedangkan, total Pelaku Perjalanan 30.300 Orang. Total Kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) 93 orang. Terdiri dari 44 org sudah selesai melakukan proses Isolasi Mandiri dan kondisi mereka sehat. 48 orang lainnya masih menyelesaikan proses Isolasi Mandiri (1 org hasil positif, 47 org hasil negatif) dan 1 orang swab akan diperiksa. Dengan demikian, kasus positif covid-19 tetap 1 orang (Isolasi di BPSDM Prov. Sumatera Barat di Padang)***irti z

Post a Comment

recentcomment

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.