HEADLINE NEWS

Walau Hujan, Kedatangan Bupati untuk Pembukaan MTQ Nasional XI di Parit, Tetap Disambut Meriah

IKLAN

 Penyambutan Bupati Pasbar  dan rombongan dalam acara pembukaan MTQ Nasional XI tingkat Kabupaten Pasbar di Parit Koto Balingka (22/11/2022)


Pasaman Barat, prodeteksi.com - Pembukaan secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke- XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di Parit Kecamatan Koto Balingka, Selasa (22/11/2022) sempat diguyur hujan. Namun pembukaan tetap dilaksanakan setelah rombongan bupati dan wakil bupati Pasbar tiba di Lapangan utama kecamatan, tempat pembukaan acara sekitar pukul 10.00 WIB siang itu 

 

Meski kedatangann bupati didampingi Wakil Bupati Risnawanto dan Sekretaris Daerah Hendra Putra dan para pimpinan OPD serta rombongan dalam cuaca hujan, namun tetap dilakukan penyambutan dengan tari pasambahan.  Masyarakat dan para undangan serta rombongan  kafilah maupun para hadirin lainnya juga tetap semangat  mengiku acara pembukaan hingga selesai.

 


Acara diawali dengan pembacaan kalam ilahi, diteruskan laporan panitia oleh tuan rumah Camat Koto Balingka, Bahrul Ilmi, Kepala KanKemenag Pasbar, dan pembukaan secara remi oleh Bupati Pasaman Barat.

  

 

Camat Koto Balingka, Bahrul Ilmi, sekaligus panitia MTQ, menyampaikan terkait persiapan acara, pendanaan MTQ dan juga kedatangan para kafilah mulai Senin (21/11). Katanya, tercatat sebanyak 540 orang peserta dari 11 kecamatan se Pasaman Barat telah datang dan berkumpul di Parit Koto Balingka. Ia mengucapkan selamat datang dan semoga MTQ berjalalan dengan baik dan lancar.

 


Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan tabuh secara bersama oleh bupati, diiringi Wakil Bupati, Risnawato, Sekretaris Daerah (Sekda), Hendra Putra, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur,  Ketua Pengadilan Agama Talu Pasaman Barat, diwakili Sekretaris/Panitera, Nurmatias, ketua dengan pengurus  Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), para camat, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Pasaman Barat, dan undangan.

 



Bupati, Hamsuardi, saat membuka pelaksanaan MTQ,  mengucapkan kalimat  Bismillahirrahmanirrahim. Seraya dia berharap Rahmat dan Ridha Allah SWT kiranya MTQ  berjalan dengan sukses dan lancar.

 


Dikatakan bahwa membumikan ayat-ayat Al-Qur'an di tengah masyarakat, yang diiringi pemberdayaan program magrib mengaji, dan menggalakkan program tahfiz Al-Qur'an, bukan saja sebatas agenda pemerintah daerah. Tapi merupakan agenda perioritas, dan ditindaklanjuti setiap warga di tengah masyarakat.

   

Bupati menyebutkan Program Magrib Mengaji, mendirikan rumah tahfidz, Tahfizd Al-Qur'an bagi siswa tingkat SD dan SMP, dan lainnya, merupakan salah satu visi misi Pemda dalam bidang keagamaan.

 

"Selamat datang pada semua kafilah dari 11 kecamatan, semoga menam,pilkan yang terbaik. Dan melalui acara MTQ ini, semoga menjadi motivasi agar generasi kita menjadi baik, beriman, berilmu, sejahtera dunia dan akhirat, keinginan kami bukan hanya sekedar untuk menjadikan masyarakat Pasaman Barat menjadi sejahtera dalam masalah ekonomi, namun sukses dunia dan akhirat," ungkapnya.

 

Sementara itu, Kakan Kemenag Muhammad Nur mengatakan bahwa selama 3 hari ini di Koto Balingka bergema Al-Qur'an. Karena 508 lebih kafilah akan membaca Al-Qur'an, sehingga bumi Koto Balingka ini akan memiliki molekul baik.

 

 Ka KanKemenag Pasbar, H Muhammad Nur

"  Bacaan Al-Qur'an itu mampu membuat molekul eksagonal sehingga bagus untuk kesehatan kita, ya seperti air zam-zam," kata Muhammad Nur.


Melalui ajang MTQ ini, katanya ada peningkatan tentang membaca Al-Qur'an. Bukan hanya tentang lomba saja, namun tengang memaknai Al-Qur'an.

 

Menurutnya,  Kementerian Agama, sebagai instansi pemerintah vertikal dan berada di Pasaman Barat, merasa berkewajiban dan sangat mendukung lancar dan suksesnya pelaksanaan MTQ  Nasional tingkat Pasaman Barat selama empat hari ke depan.

 

MTQ XI ini akan berakhir hari Jumat, 26 November 2022, diikuti 549 peserta, dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, yaitu 49 orang dari Kecamatan Kinali, 38 Luhak Nan Duo, 47 Kecamatan Talamau, 52 Sasak Ranah Pasisir, dan 53 dari Kecamatan Pasaman, 56 orang dari Gunung Tuleh, 46 dari Sungai Aur, 52 dari Kecamatan Lembah Melintang, 58 orang sekaligus sebagai tuan rumah, 51 orang dari Ranah Batahan, dan sebanyak 48 orang dari Kecamatan Sungai Beremas. ****g / irz


 


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *