HEADLINE NEWS

Sejak Selasa Siang, Akses Jalan Sikabau Terputus, Begini Kondisinya Saat Ini

IKLAN

Akses Jalan menuju Sikabau Pasaman Barat Terputus


Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Pasca curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, akses jalan menuju Jorong Sikabau  Kecaman Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali terputus. Peristiwa ini terjadi sejak Selasa siang (18/7/2023). Mengakibatkan kelancaran arus transportasi dan akses perhubungan terkendala.


Peristiwa serupa pernah terjad sebelumnya, yakni pada tahun 2022 lalu, Juga akibat curah hujan tinggi, sehingga mengakibatkan badan jalan yang kemungkinan dasarnya rapuh jadi jebol dan runtuh.


Jalan Menuju Sikabau Terputus

 Akan tetapi kali ini putusnya jalan menuju jorong Sikabau bersamaan amblas dan  ambruknya badan jalan dan jembatan yang diduga terdampak banjir. Diperparah dengan meluapnya anak Sungai yang berada di lokasi Divisi III, PT BPP. Sehingga rangka jembatan hanyut dan badan jalan pun terbelah dan digenangi aliran air tumpahan banjir.. 


Sekretaris Nagari Ranah Koto Tinggi, Ali Sadikin yang dikonfirmasi Selasa sore mengatakan, dampak putusnya jalan ke Sikabau membuat arus transportasi terkendala dan terhambat . Meskipun dapat menempuh jalan alternatif melalui Devisi IV PT. BPP, namun memakan waktu yang lebih lama.


 Peninjauan Jalan Terputus


Diperkirakan, jelas Ali Sadikin memakan waktu tempuh  lebih lama sekitar 30 hingga 45 menit lagi dari waktu tempuh biasa. Belum lagi diperparah dengan kondisi jalan yang tak bagus dan berlobang. Dia berharap ada perhatian dari pihak perusahaan perkubunan PT BPP untuk membantu pembangunan jembatan darurat. 



Camat Koto Balingka Bahrul Ilmi menyebutkan, peristiwa putusnya jalan menuju Sikabau terjadi sekira pukul 12.00 WIb siang pada Selasa (18/7/2023). Warga terpaksa mencari jalan alternatif yang melewati kawasan perkebunan PT. BPP.


"Pasca kejadian jalan putus, telah dilakukan pengalihan jalan melalui alternatif ke arah divisi 4 PT. BPP, kemudian berputar lagi ke luar menuju jalan utama kembali. Terkait kondisi ini juga semua stacholder telah turun kelapangan untuk tanggap darurat, " jelas camat.


Jalan Alternatif


Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat Zulkarnain SPd. MM pada Selasa (18/7/2023) menyebutkan, BPBD melalui Tim survei yang langsung dikomandoi oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik, Afrizal telah meninjau lokasi. Selanjutnya telah melaporkan pada Bupati dan telah berkoordinasi dengan dinas terkait seperti PUPR untuk masa tanggap darurat.


"Insya Allah dalam masa tanggap darurat ini akan ada solusi pemulihan jalan untuk sementara. Sehingga akses perhubungan dan transportasi ke Sikabau kembali lancar, sebut Zulkarnaen. *** irti z

 

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *