HEADLINE NEWS

Comments

Jalan Teluk Tapang kian Mantap, PT. WIKA Optimalkan Pengaspalan Jalan Berkualtas

IKLAN


LIPUTAN KHUSUS/ ADVERTORIAL




Pasaman Barat, prodeteksi.com ----- Kondisi akses Jalan ke Teluk Tapang Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), kian mantap, bagus dan mulus. PT. Wijaya Karya (PT. WIKA) Persero Tbk, sebagai pelaksana proyek, terus optimalkan Pekerjaan hingga segera tuntas nantinya sesuai kontrak, dengan kualitas yang baik.




Geliat pekerjaan yang kian dikebut tampak di lapangan ketika media ini memantau langsung ke lokasi pekan lalu. Pengaspalan ketika itu sudah mencapai STA 28. Sedangkan proses  pengaspalan mulai dari mobilisasi peralatan dan material, pembersihan lapangan, perkerasan lapisan  terus dipacu. 


Bahkan, demobilisasi pembersihan lokasi pengaspalan jalan dari sisa-sisa pekerjaan pengaspalan  serta prime coat atau pemasangan  lapisan resap pengikat yang merupakan  lapisan ikat aspal yang cair terus ikerjakan. Hingga saat ini akses ke pelabuhan Teluk Tapang sudah kian lancar.


Dampak positifnya tidak saja kelancaran perhubungan ke Teluk Tapang, tapi juga telah dapat membuka akses kawasan terisolir Ranah Penantian Poros menjadi kawasan terbuka yang dapat memanfaatkan akses perhubungan darat. 



Sementara sebelumnya, masyarakat perkapungan Poros Ranah Penantian, memanfaatkan jalur laut dengan naik boad atau kapal jika ingin bepergian ke luar seperti ke pusat Kota Air Banis atau ke daerah sekitar, baik untuk kepentingan layanan pendidikan, kesejhatan dan pemerintahan serta juga kepentingan perdagangan. Hal ini mengeluarkan dana yang lebih besar untuk transportasi laut.




"Alhamdulillah dengan perkembangan pembangunan Jalan Teluk Tapang yang saat ini sudah bagus hingga  ke Jorong Poros Ranah Penantian ini, kami tidak lagi lewat untuk berhubungan keluar, tapi kami sudah memanfaatkan jalur darat lewat jalan ini, yang  berjarak sekitar 28 KM ke pusat Nagari Air Bangis, “ kata Hafsah, seorang warga Poros, beberapa hari lalu.



Dikatakan warga tersebut, dengan kian bagusnya jalan Teluk Tapang, sangat dirasakan manfaatnya oleh para pedagang dan juga petani. Sebab selain akses yang kian lancar juga memudahkan dalam mengangkut barang dagangan seta komoditi pertanian dan perkebunan.


 

Pantauan media ini awal Oktober 2023 lalu, memang terlihat pekerja PT. WIKA tengah sibuk dalam memacu pekerjaan proyek. Di berbagai titik terlihat para pekerja sedang beraktivitas.  .




Humas PT WIKA, Datuak  mengatakanan, pekerjaan jalan saat ini sedang mengerjakan tahapan pengaspalan memasuki ST.29. Insya Allah akan selesai seuai masa kontrak yang diberikan hingga Maret 2024, " kata Datuak, ketika ditemui di Air Bangis pekan lalu.



Sebagaimana diketahui PT WIKA sebagai perusahaan BUMN mejadi pemegang kontrak senilai Rp. 216.419.511.408,00 hingga pembangunan jalan selesai dengan panjang jalan pengasapalan sekitar 22 KM lagi dari ujung pekerjaan tahun 2021 lalu  yang dikerjakan PT Rimbo Paraduan . Adapun total panjang jalan seluruhnya dari Bungo Tanjung Air Bangis menuju Teluk Tapang,  mencapai 43KM



Proyek PT. WIKA ini merupakan proyek multi years (2022-2024) untuk perampungan jalan, yang berada di bawah Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi SumbarKementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.   ***** irt z


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *