HEADLINE NEWS

Harapan pada Bupati Pasbar, "Kiranya Jalan Sawah Mudik Diaspal Tahun 2022"

IKLAN

 

 

 Harapan masyarakat Sawah Mudik Nagari Batahan Utara Kecamatan Ranah Batahan, kiranya jalan kesana diaspal tahun 2022 ini



Pasaman Barat, prodeteksi.com---Kunjungan langsung Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat, H. Hamsuardi ke beberapa jorong kawasan pinggiran Pasbar, mendapat sambutan positif dari masyarakat. Sebab dengan langsung terjun ke lapangan tanpa melalui laporan perantara, bupati akan mengetahui bagaimana kondisi yang sesungguhnya dan bagaimana harapan masyarakat untuk kemudian ditindaklanjuti dengan program prioritas pro rakyat.    


Seperti halnya kunjungan Bupati beserta rombongan, Rabu (19/05/2021) ke kawasan pinggiran Kecamatan Ranah Batahan. Tepatnya ke beberapa jorong di Nagari Batahan Utara, yakni Jorong Paraman Sawah, Taming Tengah dan Sawah Mudik (Sabajulu).


" Alhamdulillah pak Bupati beserta rombongan dalam peninjauannya ke lapangan Rabu kemaren, beliau beserta rombongan sampai juga ke Jorong Sawah Mudik. Saya waktu itu mendampingi pak bupati untuk melihat kondisi di lapangan dan memantau sepanjang jalan lingkar Sawah Mudik dan Jalan Lintas Sawah Mudik-Sigantang / perbatasan Madina, " kata Muzayin Irsadi, Plt. Walinagari Batahan Utara, yang juga putra Sawah Mudik itu.


 Plt Wali Nagari Batahan Utara, Muzayin Irsadi


Lebih lanjut dikatakan,  peningkatan pembangunan Jalan dari Kampung Pinang - Sawah Mudik dan dari Jorong Paraman Sawah-kampung Pinang sudah sejak lama jadi impian dan harapan. Bahkan sebagai salah satu kampung tertua di Ranah Batahan, harapan untuk jalan yang lebih baik jauh sebelum Indonesia merdeka sudah mengemuka.


"Kita memang berharap pada pak Bupati, sebagaimana jadi impian masyarkat sejak lama dan karena juga merupakan visi -misinya memprioritaskan pembangunan kawasan pinggiran. Kiranya jalan Kampung Pinang-Sawah Mudik sekitar 3,5 KM dan dari Paraman Sawah- kampung Pinang juga sekitar 4 KM , dengan total panjang sekitar 7,5 KM dapat diaspal dengan aspal hotmix tahun 2022 ini, "katanya.


Apalagi jelasnya, jika jalan ini diaspal, dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat, mempercepat dan mendekatkan pelayanan pemerintah nagari dan fasilitas umum, menautkan hubungan antar jorong dalam satu kawasan nagari, juga menunjang kelancaran akses jika jalan tembus Sawah Mudik - Madina Sumatera Utara dibuka untuk percepatan  akses operasional Pelabuhan Teluk Tapang. Karena jalur tersebut lebih dekat ke Sumatera Utara dibanding Jalan Lintas Barat melalui Simpang Gambir.

 

Rencana peningkatan dan pengaspalan Jalan Paraman Sawah- Kampung Pinang terus ke Sawah Mudik juga didukung dengan beberapa tahapan pembangunan yang dilalui sebelumnya. Misalnya dari Paraman Sawah ke Kampung Pinang sepanjang 4 KM sudah dilakukan pengerasan pada tahun 2020 dengan kegiatan TMMN. Kemudian dari Kampung Pinang ke Sawah Mudik sudah diaspal sekitar 1 KM, tinggal sekitar 3,5 KM lagi untuk pengaspalan. Dan kondisi jalan telah pernah pengerasan beberapa tahun silam.



Sebagaimana diberitakan sebelunya,  Rabu (19/5/2021),   Bupati Hamsuardi lakukan peninjauan tiga lokasi yang akan diajukan untuk Anggaran 2022. Bupati dan Wabup yang didampingi Kepala Bappeda Joni Hendri dan tim perencanaan Bappeda serta Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Raf'an serta tim teknik Dinas PU melakukan peninjauan  ke Kecamatan Sungai Aur dan Ranah Batahan.

 

 - Peninjauan tersebut, pertama jalan Tamunarang Sontang Kecamatan Sungai Aur sepanjang 3 Km, Paraman Sawah - Kampung Pinang sepanjang 4 KM, Paraman Sawah- Adian Modang Kecamatan Ranah Batahan sepanjang 7,5 KM dan Kampung Pinang sampai Sawah Mudik sepanjang 3,5 Km.

  

Dalam kesempatan peninjauan ke Sungai Aur dan Ranah Batahan itu, Bupati mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya untuk beberapa program pembangunan yang mendesak dan diutamakan, baik memalui anggaran APBD ataupun DAK.

 

Namun menurutnya, akan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran akibat pendemi Covid-19.Dan tidak memandang perbedaan dalam pilkada yang telah lewat.  

 

Kepala Dinas PU Raf'an mengatakan bahwa peninjauan yang dilakukan bersama bupati dan tim perencanaan Bappeda ini dinamakan perencanaan umum. Setelah ditinjau nanti akan dibuat perencanaan teknik bagaimana kelanjutan pembangunan jalan yang sudah ditinjau tersebut.

 

"Jalan yang kita tinjau hari ini akan kita kaji secara teknik perencanaannya. Berapa anggaran yang dibutuhkan. Setelah kita tinjau ini kita akan coba ajukan juga kepada pemerintah pusat apakah melalui DAK, kalau tidak bisa kita akan coba melalui APBD 2022,"katanya.***kf/irti z


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *