HEADLINE NEWS

Untuk Ketertiban Berlalulintas, Kapolres Pasbar Bagikan Ratusan Helm dan Takzil

IKLAN




Pasaman Barat, prodeteksi.com ----– Polres Pasaman Barat, Polda Sumbar melaksanakan kegiatan membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor dalam Operasi Keselamatan Singgalang 2024 sehingga masyarakat bisa lebih tertib berlalulintas.


Kegiatan pembagian helm gratis dilaksanakan di Bundaran Simpang Empat, Jorong Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (13/3/2024).


Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik didampingi Wakapolres Kompol Chairul Amri Nasution, S.Ik dan Kasatlantas Iptu M. Irsyad Fathur Rahman, S.Ik menggelar kegiatan bagi-bagi helm gratis untuk masyarakat, sekaligus membagikan brosur yang merupakan langkah edukasi kepada masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas di jalan raya.


Kapolres yang langsung memimpin kegiatan tersebut mengatakan bahwa, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas serta mengedukasi masyarakat untuk lebih tertib lagi dalam berlalu lintas di jalan raya.


“Sehingga ke depan diharapkan seluruh masyarakat pengguna jalan khususnya di Kabupaten Pasaman Barat sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara dijalan raya sehingga bisa meminimalisir kecelakaan Lalulintas,” ujar Kapolres.


Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, adapun tujuan Ops Keselamatan Singgalang 2024 yang dimulai pada tanggal 4 Maret s/d 17 Maret 2024 ini merupakan wujud nyata dari komitmen Kepolisian dalam hal ini Polres Pasaman Barat dalam menjaga keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas dan mendorong masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan.


"Harapannya angka pelanggaran maupun korban kecelakaan lalulintas dapat diturunkan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M," lanjutnya.


Selain mengedukasi masyarakat melalui kegiatan pembagian helm, pembagian brosur dan leflet, maupun imbauan melalui media sosial, serta pemasangan spanduk dan baliho petugas dari Sat Lantas juga telah melakukan penindakan terhadap pelanggar berupa tilang sebanyak 475 dan teguran sebanyak 350.


“Rata-rata pelanggaran didominasi pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm  sebanyak 370 pelanggar, maka dari itu, kami terus menggalakkan dan memasifkan kegiatan agar para pengendara untuk selalu menggunakan helm, sehingga Polres berinisiatif dengan membagikan helm gratis kepada masyarakat” ujar Kapolres.  


Selain membagikan sekitar 400 helm kepada masyarakat, Kapolres Pasaman Barat juga membagikan takjil gratis kepada pengendara sambil membagikan brosur Operasi Keselamatan Singgalang 2024.


Kapolres menegaskan, bahwa keselamatan berlalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama. "Kami mengajak seluruh masyarakat di Pasaman Barat untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya dengan mematuhi segala aturan dan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm saat berkendara," ungkap Kapolres.


Operasi Keselamatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas.


"Maka dari itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan berlalu lintas, memenuhi kelengkapan dan administrasi kendaraan seperti SIM, STNK dan lainnya,” imbuhnya.


Pihaknya berharap, melalui operasi yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakkan hukum secara elektronik atau teguran simpatik ini, seluruh masyarakat khususnya para pengguna jalan dapat mengerti dan memahami serta mendukung kelancaran dan kesuksesan Operasi Keselamatan 2024 yang mengusung tema “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”. *** hmsresp/ i

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *